Mohon tunggu...
Fiki Imananda
Fiki Imananda Mohon Tunggu... Fiki Imananda jelita

Mahasiswi IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Time Management and Self Care Routine for Love Yourself

7 Mei 2021   09:51 Diperbarui: 7 Mei 2021   11:57 205 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Time Management and Self Care Routine for Love Yourself
Facebook @halokonselor

Tak terasa kita sudah hidup berdampingan dengan pandemic virus korona selama setahun. Banyak hal yang harus kita sesuaikan dalam menjalani keseharian dengan kondisi sebelum adanya pandemi dan setelah adanya pandemi. Seperti kita harus menyesuaikan dengan menjaga jarak dengan sekitar, memakai masker kemanapun kita pergi serta menjauhi kerumunan. Salah satu bentuk dari menjauhi kerumunan adalah adanya bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Tentu pada awalnya kita kesulitan menyesuaikan dengan work and study from home karena sejak lama kita terbiasa untuk bekerja dan belajar secara tatap muka. Tapi karena pandemi semua terhalang dan mungkin tak jarang hal ini membuat beberapa orang merasa stress dan down mental. Terutama bagi para pelajar dan mahasiswa. Mereka di tuntut untuk belajar dari rumah yang pastinya pembelajaran tidak akan bisa berjalan maksimal dan banyak tugas yang mulai tidak terkontrol.

Salah satu solusi untuk mengatasi stress akibat masalah diatas kita bisa menggunakan Time Management. Menurut sebuah survey yang dilaukan oleh Hardvard Business Review keterampilan time management merupakan keterampilan yang aling diinginkan tetapi di sisi lain keterampilan ini juga tdak mudah ditemukan. Padahal time management ini sangat berpengaruh dibidang akademis maupun untuk menuju kesuksesan karir kita. Nah cara untuk menerapkan time management adalah kita bisa membuat BuJo (Bullet Journal) atau post-it yang bisa di isi dengan task yang harus kalian kerjakan lalu bisa kalian tempel di dinding kamar atau pintu kamar. Dengan ini kita bisa belajar untuk mencintai diri sendiri yang dan pastinya semua kegiatan kalian bisa terkontrol. Dengan adanya Time Management ini kalian tidak akan lagi menjadi orang yang ceroboh, yang suka Sistem Kebut Semalam atau dalam bahasa kerennya disebut dengan system SKS dalam berbagai hal serta tidak terpaku pada deadline jika ingin mengerjakan sesuatu.

Selanjutnya cara mencintai diri sendiri dan menghindari stress ditengah pandemi adalah dengan melakukan Self Care Routine untuk diri sendiri. Menurut WHO Self Care adalah hal-hal yang dilakukan orang bagi dirinya sendri untuk membangun dan memelihara kesehatan serta untuk mencegah timbulnya penyakit. Mengapa demikian? Karena jika kita terus menerus merasa tertekan dengan hal-hal yang ada disekitar kita, itu pasti akan membuat fisik kita tidak sehat dan membuat kacau pikiran sehingga timbullah mental down dalam diri. Tentu ini tidak baik dan Self Care Routine adalah solusi untuk menghadapinya.

Jika disimpulkan Self Care Routine adalah kegiatan untuk menjaga diri sendiri agar tetap balance di tengah kesibukan antara pekerjaan, tugas dan kebutuhan diri. Self care routine bisa kita lakukan dengan beristrahat minimal 5 menit saat sedang lelah bekerja atau mengerjakan tugas, bisa juga dengan di selingi melakukan hobi kalian seperti setelah penat mengerjakan tugas akhirnya kalian berhenti sejenak meluangkan waktu untuk menulis sastra, mendengarkan musik yang healing, berolahraga atau bisa dengan hobi lainnya. Kalian juga bisa menonton video lucu atau drama Korea untuk self care setelah mengerjakan tugas seharian penuh. Untuk muslim ata muslimah kalian juga bisa melakukan self care dengan cara membaca Al-Qur'an, berdzikir atau bersholawat. Selain itu kalan juga bisa self care dengan cara melakukan perawatan diri secara fisik seperti meluangkan wakt untuk tidur sejenak, maskeran, memakai skincare dan lain-lain serta secara mental seperti pergi ke psikiater jika kalian rasa tingkat down mental kalian perlu penanganan ke psikolog. Kalian bisa melakukan Self Care Routine sesuai keinginan, yang terpenting hal itu bisa membuat kalian lebih tenag dan lebih menghargai diri sendiri. Karena bekerja keras boleh, tapi harus sesuai fisik dan mental kalian. Jangan berlebihan dan memaksakan.

Sekian artikel dari penulis supaya kalian bisa lebih mencintai diri sendiri dan menghargai diri sendiri ditengah kesibukan dan kelelahan dalam berbagai aktivitas. Jaga kesehatan dan tetap smangat. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kita semua. Salam Kompasianers.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x