Mohon tunggu...
Fiki Amaluna
Fiki Amaluna Mohon Tunggu... Mahasiswa

الاجتهاد والدة الحظ السعيد

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penelitian kualitatif dan kuantitatif

6 Desember 2020   23:24 Diperbarui: 6 Desember 2020   23:49 105 1 0 Mohon Tunggu...

Data penelitian Kualitatif dan Data penelitian Kuantitatif biasanya sangat sering digunakan dalam sebuah penelitian. Entah itu untuk skala yang kecil ataupun skala yang besar.  Tetapi masih banyak sekali mahasiswa atau orang-orang yang masih salah dalam memahami apa itu pengertian dari penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan bagaimana cara agar kita bisa membedakannya.

Disini akan dibahas secara lengkap dan mudah dimengerti mengenai  apa itu metode penelitian Kualitatif dan metode penelitianKuantitatif serta bagaimana cara agar kita dapat membedakannya.

A. metode penelitian kuantitatif


   Metode penelitian Kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan filsafat positivisme, yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu dengan teknik pengambilan sampel pada umumnya adalah random atau acak. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian. Analisis data yang dilakukan bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.


1. Ciri-ciri metode penelitian kuantitatif


 a. Metode penelitian kuantitatif dilakukan untuk mengukur satu atau lebih variabel penelitian dan mengukur hubungan atau korelasi atau pengaruh antara dua variabel atau lebih.
  b. Permasalahan metode penelitian kuantitatif penelitiannya adalah menanyakan tentang tingkat pengaruh atau keeratan hubungan antara dua variabel atau lebih.
   c. Metode penelitian kuantitatif memfungsikan teori sebagai titik tolak menemukan konsep yang terdapat dalam teori tersebut, yang kemudian dijadikan variabel.
   d. Penelitian kuantitatif menggunakan hipotesis sejak awal ketika peneliti telah menetapkan teori yang digunakan.
   e. Penelitian kuantitatif lebih mengutamakan teknik pengumpulan data kuesioner.
   f. Penelitian kuantitatif penyajian datanya berupa tabel distribusi pilihan jawaban para responden yang ditentukan oleh peneliti berupa angka.
   g. Penelitian kuantitatif menggunakan perspektif etik, yaitu data yang dikumpulkan dibatasi atau ditentukan oleh peneliti dalam hal pilihan indikator atau atribut variabel baik jumlah maupun jenisnya.
   h. Metode penelitian kuantitatif menggunakan definisi operasionalisasi karena akan mengukur variabel. Definisi operasional pada dasarnya merupakan petunjuk untuk mengukur variabel.
   i. Penelitian kuantitatif penentu ukuran jumlah responden atau sampel menggunakannpresentase, rumus atau table  populasi sampel sebagai penerapan prinsip keterwakilan.
   j. Penelitian kuantitatif menggunakan alur penarikan kesimpulan berproses secara deduktif
  k. Metode penelitian kuantitatif instrumen penelitiannya berupa kuisioner atau angket yang juga berfungsi sebagai teknik pengumpulan data.
  l. Analisis yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dilakukan setelah data terkumpul, dengan menggunakan perhitungan angka-angka atau analisis statistik.
 m. Penelitian kuantitatif kesimpulannya berupa tingkat hubungan antara variabel, sedangkan dalam penelitian kualitatif kesimpulannya berupa temuan konsep yang tersembunyi dibalik data rinci berdasarkan interpretasi atau kesepakatan dari para responden atau informannya

2. Teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif


a. Angket
Pengumpulan data kuisioner atau angket sebagian besar penelitian umumnya menggunakan kuisioner sebagai metode yang dipilih untuk mengumpulkan data. Kuisioner atau angket memang memiliki banyak manfaat sebagai instrumen pengumpulan data.


  Prosedur penyusunan kuisioner:
  1. Merumuskan tujuan yang akan dicapai dengan kuisioner
  2. Mengidentifikasi variabel yang akan dijadikan sasaran kuisioner.
  3. Menjabarkan setiap variabel menjadi sub-variabel yang lebih spesifik dan tunggal.
  4. Menentukan jenis data yang akan dikumpulkan dan menentukan teknik analisisnya.


  b. Tes
   Bentuk instrumen tes dapat berupa serentetan pertanyaan, lembar kerja, atau sejenisnya yang dapat digunakan untuk mengukur pengetahuan, ketrampilan, bakat, dan kemampuan dari subjek penelitian. Adapun mengenai sasaran dan objek yang akan diteliti terdapat beberapa macam tes, yaitu personality test (tes kepribadian), aptitude test (tes bakat), intelligence test (tes intelegensi),  tes sikap, minat, dan prestasi

B. Metode penelitian kualitatif
   Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah daripada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi. Metode penelitian ini lebih suka menggunakan teknik analisis mendalam, yaitu mengkaji masalah secara kasus perkasus karena metodologi kualitatif yakin bahwa sifat suatu masalah satu akan berbeda dengan sifat dari masalah lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN