Mohon tunggu...
Gusti Fikrifauzi A
Gusti Fikrifauzi A Mohon Tunggu... Just a dude

Just a dude

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Lawan Covid-19, Mahasiswa Asal Karanganyar KKN di Kampung Sendiri

8 Juli 2020   19:24 Diperbarui: 8 Juli 2020   19:25 27 0 0 Mohon Tunggu...

(Karanganyar, 1 Juli 2020) Pandemi COVID-19 telah berlangsung sejak Maret 2020. Sudah lebih dari 2 bulan kampanye #DirumahAja yang digencarkan pemerintah RI untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini. Saat ini masyarakat Indonesia merasakan tatanan kehidupan baru atau sering disebut dengan new normal.

Hal ini yang menyebabkan Universitas Sebelas Maret atau kerap dikenal UNS tetap menjaga produktifitas dan ikut andil dalam melawan COVID-19 dengan menyelenggarakan KKN. 

KKN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana mahasiswa di tempatkan di hampir segala penjuru tanah air, KKN tahun ini mengharuskan mahasiswa untuk melaksanakan kewajibannya di kampung masing-masing.

Dari tanggal 1 Mei sampai 19 Juni KKN mandiri yang dilaksanakan oleh pihak UNS melibatkan lebih dari 1000 mahasiswa yang melaksanakan di kampung masing-masing. Tidak terkecuali Gusti Fikrifauzi Alimmahiransyah (22), mahasiswa kelahiran karanganyar yang kerap disapa Fikfaw. 

Dengan arahan dosen pembimbing lapangan (DPL) bapak Dr.sc.agr. Ir. Adi Ratriyanto, S.Pt., M.P., IPM Fikfaw pun tidak berpikir panjang untuk membuat ide-ide program kerja yang akan ia kerjakan saat KKN di masa pandemi ini. 

Tempat yang menjadi KKN dari mahasiswa berambut ikal tersebut adalah dusun Tegalwinangun RT.3/RW.13, sebuah dusun yang dikerumuni lahan persawahan dan di pinggir jalan raya tersebut adalah tempat Fikfaw bersama kedua orang tuanya dan kakaknya.

Program-program yang dieksekusi oleh Fikfaw diantaranya adalah program edukasi serta pembagian masker dan hand sanitizer yang dilaksanakan door to door, program edukasi secara daring melalui grup Whatsapp di RT tersebut, dan program pembuatan dan penempelan poster di tempat-tempat umum seperti pos ronda dan masjid. 

Berbagai edukasi banyak disebar luaskan secara online maupun offline, tujuan utamanya adalah untuk memberikan ilmu kepada masyarakat mengenai COVID-19 dan cara mencegah penularannya.

Hasilnya pun juga memuaskan, masyarakat Tegalwinangun RT.3/RW.13 semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan diri untuk mengahadapi new normal yang dilakukan hampir di setiap negara. Dengan program KKN di domisili masing-masing mahasiswa ini semoga dapat mencerdaskan kehidupan masyarakat akan tatanan kehidupan baru ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x