Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Content Creator

SEO Content Writer yang mencoba menafsirkan ide dengan kumpulan kata yang sederhana. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan menvisualisasikannya di vlog youtube.com/dzulfikaralala

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

PAN Merapat ke Jokowi, Amien Rais "Telan Ludah Sendiri"?

26 April 2019   08:44 Diperbarui: 26 April 2019   09:00 0 4 3 Mohon Tunggu...
PAN Merapat ke Jokowi, Amien Rais "Telan Ludah Sendiri"?
Santap Siang Ketum PAN, Zulkifli Hasan bersama Jokowi /dok.Liputan6.com

Inilah politik. Tak ada persahabatan apalagi musuh yang abadi dalam politik. Kemarin bisa saja menjadi lawan politik, esok sudah menjadi karib.

Itulah yang terjadi dengan Partai Amanat Nasional. Amien Rais yang menjadi founding father PAN, mau tak mau harus menelan ludahnya sendiri setelah 7 bulan belakangan mencibir, menduduh, dan memojokkan Jokowi.

Amien termasuk sosok yang kontroversial selama perhelatan Pilpres dan Pileg 2019. Amien juga terlibat dalam kasus Hoax Ratna Sarumpaet.

Peran Amien tak bisa dilepaskan dari kontestasi yang membara sebelum hari pencoblosan. Sosok Amien yang berpendidikan tinggi serta pernah mengenyam bangku di negara Adidaya Amerika ini dengan teganya menyebut Jokowi dengan sebutan yang merendahkan.

Tapi, itulah sosok Amien yang menjadi "anak panah" kubu 02 bersama putri kesayangannya Hanum Rais.

Apa yang dilakukan Amien akan menjadi cela tersendiri jika pada akhirnya PAN justru merapat pada Jokowi. Sinyal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menindak lanjuti santap siang Jokowi bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Karena selama ini Amien begitu vokal dan keras terhadap pemerintah. Tak seperti Faisal Basri, mantan Sekjen PAN, yang terang-terangan memberikan kritik yang membangun kepada pemerintah.

Faisal Basri masih memberikan kritik dan pujian yang berimbang, terlepas setalah itu ia memberikan dukungannya kepada Jokowi sebelum tanggal 17 April 2019.

"Jangan kufur nikmat.' itulah kata-kata yang diucapkan Faisal Basri menyikapi beberapa target yang belum dicapai oleh pemerintahan Jokowi.

Kini, internal PAN kemungkinan akan bergolak. Amien pasti meradang jika akhirnya partai yang dibangunnya sejak masa Reformasi tersebut "membelot" dari Prabowo dan menyatakan dukungan kepada Jokowi.

Bisa jadi Hanum Rais pun akan makin keki jika PAN merapat pada pemenang Pilpres 2019.

Jejak digital itu jahat lho mbak Hanum...