Dzulfikar
Dzulfikar Freelance writer

Content creator, Full Time Blogger, Freelancer, SEO Geek. For inquiries contact me dzulfikar.alala[at]gmail[dot]com | bangdzul.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Curahan Hati Seorang Montir yang Sudah 16 Tahun Menggeluti Profesinya

16 Mei 2018   11:02 Diperbarui: 16 Mei 2018   11:24 3476 2 0
Curahan Hati Seorang Montir yang Sudah 16 Tahun Menggeluti Profesinya
Ade Suhendar (dok.pribadi)

Ade Suhendar mungkin bukan sosok seperti Dilan yang begitu populer di layar kaca. Ade hanya seorang montir di sebuah bengkel di Jakarta Utara. Namun, selama 16 tahun menggeluti dunia mesin, tak pernah ada kata mengeluh dari mulut ade.

"Terus terang selama 16 tahun menjadi montir lebih banyak sukanya dibandingkan dengan dukanya, saya benar-benar menikmatinya" tutur Ade disela-sela peluncuran asuransi iCare di bengkel HNZ, Pluit, Jakarta utara.

Bekerja untuk belajar

Awal Ade berkenalan dengan mesin saat usia Ade remaja. Seperti remaja pada umumnya, ada sudah mencoba berkenalan dengan sepeda motor. Namun, ketertarikannya justru membuatnya memiliki keterampilan lebih dibandingkan teman-temannya. Ade bahkan mengubah hobi dan ketertarikannya itu menjadi profesi.

Menginjak usia 38 tahun, Ade sadar bahwa usianya sudah tak muda lagi. Bahkan kini anaknya sudah ada yang duduk di bangku SMK. Setiap hari ia harus berjibaku dengan oli, minyak serta peluh. Namun, hal tersebut tak menyurutkannya untuk mencintai profesinya sepenuh hati.

Holy, Noly dan Zoly, pemilik HNZ Tire Center Pluit Jakarta (dok.pribadi)
Holy, Noly dan Zoly, pemilik HNZ Tire Center Pluit Jakarta (dok.pribadi)
Ade bukan sosok sembarangan. Ade adalah sosok montir yang terkenal loyal dan teliti. Bahkan Ade termasuk salah satu montir kepercayaan bengkel HNZ Tire Center yang dimiliki oleh tiga bersaudara Holy, Noly dan Zoly. Ade sudah dianggap menjadi bagian dari keluarga besar HNZ atas loyalitas dan kejujurannya.

"Saya orangnya jujur dan transparan. Sekecil apapun, jika itu bukan hak saya, saya tidak mau mas" tuturnya.

Ade juga bukan tipe orang yang tenggo, alias jam pulang teng langsung go. Bahkan menjelang lebaran, biasanya selalu ada konsumen yang datang menjelang bengkel tutup.

"Saya kalau orang itu mau mudik mas, meskipun bengkel sudah mau tutup, tetap saya layani. Kenapa enggak kita layani, supaya yang mau mudik bisa selamat sampai tujuan" ujarnya.

Ade juga memberikan sedikit tips untuk memeriksa kendaraan sebelum mudik. Ada tiga hal yang harus diperiksa atau diganti seperti air radiator, rem dan oli. Bahkan Ade menyarankan untuk ganti oli sekalian sebelum mudik agar perjalanan selama mudik lancar meskipun kilometernya baru empat ribu atau enam ribuan.

Ade juga mengingatkan beberapa modus kejahatan di jalan. Misalnya seperti ban kendaraan kempis secara tiba-tiba. Ade menyarankan untuk melihat situasi. Jika merasa diikuti, baiknya cari tempat yang aman untuk berhenti. Begitu juga ketika kendaraan mogok secara tiba-tiba, jangan langsung percaya dengan analisa atau prediksi montir tak dikenal.

Beberapa kasus yang telah terjadi justru kerusakan disebabkan oleh orang tak bertanggung jawab agar korban mengganti suku cadangnya dengan harga yang tidak masuk akal. Tips-tips sederhana seperti itu ternyata penting karena modus serupa tetap dijalankan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pengalaman Berharga Tak Terlupakan  

Selama karirnya menjadi seorang montir Ade bercerita bahwa ia punya pengalaman pahit yang benar-benar menjadikannya pelajaran berharga. Saat itu Ade kurang perhitungan tentang beban kendaraan sehingga menyebabkan rem kendaraan selip dan tergelincir.

Pengalaman itulah yang membuat Ade semakin berhati-hati dalam bekerja. Apalagi pekerjaan menjadi seorang mekanik termasuk pekerjaan yang memiliki risiko tinggi. Menurut data BPJS, kecelakaan kerja terjadi sekitar 5-10 persen setiap tahunnya.

Kepedulian IndoOne Citra Abadi, luncurkan asuransi iCARE untuk montir jabodebek (dok.pribadi)
Kepedulian IndoOne Citra Abadi, luncurkan asuransi iCARE untuk montir jabodebek (dok.pribadi)
Itulah sebabnya PT IndoOne Citra Abadi yang merupakan distributor terbaik PT ExxonMobil Lubricants Indonesia pada tahun 2017, meluncurkan sebuah program kepedulian untuk para montir di Jabodebek dengan memberikan asuransi kecelakaan diri iCARE yang bermitra dengan bengkel-bengkel di wilayah tersebut.

"Saya merasa senang dengan program ini, setidaknya bisa mengurangi beban hidup saya jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Apalagi pekerjaan saya punya risiko kecelakaan kerja cukup tinggi juga" tutur Ade yang mengungkapkan merasa terbantu dengan program tersebut.

Senada dengan yang diungkapkan dengan Noly salah satu pemilik bengkel HNZ, Pluit yang juga mengapresiasi kepedulian terhadap para montir. Apalagi menjelang mudik lebaran mendatang. Apalagi asuransi tersebut juga bisa diklaim dengan asuransi lain seperti BPJS sehingga bisa meringkan beban para montir yang punya banyak jasa bagi kendaraan-kendaran yang mudik selama lebaran.

Ade Suhendar dan rekan tengah bekerja (dok.pribadi)
Ade Suhendar dan rekan tengah bekerja (dok.pribadi)
Diharapkan para mekanik atau para montir bisa mendapatkan manfaat dari asuransi tersebut utamanya yang menggunakan pelumas MobilTM dengan asuransi yang fleksibel, aman dan terpercaya, seperti diutarakan oleh Direktur Sales dan Marketing PT IndoOne Citra Abadi, Eki J Rahman.

Bagi saya, sosok seperti pak Ade Suhendar ini memang sudah layak diapresiasi dan diberikan haknya berupa asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan. Apalagi sosoknya sangat vital dalam keselamatan perjalanan menghadapi mudik lebaran.