Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 72 Gelombang 04 yang di Koordinatori oleh Mujahidin Ansori serta Dosen Pembimbing Lapang ibu Ike Arisanti S.E., M,BA.Â
Saat ini sedang menjalankan program penerapan penjualan menggunakan Digital Marketing pada UMKM Tahu Tempe yang di inovasi menjadi olahan nugget. Kegiatan pembuatan tahu tempe menjadi olahan nugget dilakukan pada tanggal 10 April 2021 yang di mulai pukul 09.00 WIB - selesai, lokasi pembuatan olahan nugget tersebut berada dirumah Ibu Maryati yang ber alamat di Dusun Wadang Desa Gandekan. Pembuatan inovasi baru tahu tempe menjadi nugget ini di ikuti oleh ibu-ibu Desa Gandekan dan juga anggota PMM-UMM Kelompok 72.
Penerapan program penjulan Digital Marketing pada inovasi baru tahu tempe menjadi olahan nugget ini karena terkait pemasaran UMKM tahu tempe yang belum mencakup luas sehingga hanya di pasarkan di desa sendiri.Â
Maka dari itu anggota PMM-UMM Kelompok 72 membantu memperluas pasar UMKM tahu tempe Desa Gandekan dengan membuat inovasi baru menjadi olahan nugget yang akan di pasarkan melalui socialmedia.Â
Kegiatan ini sangat membantu pemilik UMKM tahu tempe untuk kedepannya, akan memperluas sistem pemasaran dan juga membuat inovasi baru produk tempe tahu menjadi olahan nugget. Karena dapat dilihat untuk saat ini sedang berkembangnya Digital Marketing di tahun 2021.Â
Perkembangan Digital Marketing dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan, sebaiknya penjualan saat ini kita rubah dengan sistem online sehingga lebih fleksibel. Menurut survey yang di lakukan oleh Asosiai pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukan bahwa penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia yang selalu meningkat 10% setiap tahunnya. Tidak heran apabila Digital Marketing dapat berkembang secara pesat dalam memasarkan produk.
Kegiatan pemasaran yang masih belum mencakup luas pasarannya saat ini, akan dibantu oleh anggota PMM-UMM Kelompok 72 untuk menerapkan Digital Marketing agar mempermudah penjualan dan pasarannya dapat mencakup luas.Â
Mengapa demikian? Karena dengan menerapkan sistem tersebut pemilik atau penjual UMKM tahu tempe ini tidak akan kesulitan dalam mengenalkan produk dan juga kualitas produk secara tidak langsung masyarakat juga banyak yang mengenali, tentunya untuk sekarang ini sudah sangat jarang masyarakat yang tidak memiliki SmartPhone. Yang kemudian penjulan inovasi baru tahu tempe menjadi olahan nugget ini akan menerapkan penjualan menggunakan Digital Marketing yang akan di share melalui socialmedia.
                Â