Mohon tunggu...
Fifin Nurdiyana
Fifin Nurdiyana Mohon Tunggu... PNS

PNS, drugs counselor,social worker,blogger and also a mom

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Karena Zakat Tak Hanya Fitrah

20 Oktober 2019   09:29 Diperbarui: 20 Oktober 2019   09:54 66 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karena Zakat Tak Hanya Fitrah
ilustrasi (sumber: zakat.or.id)

Kalau kita berbicara zakat, pasti yang ada di pikiran kita langsung tertuju pada zakat fitrah, yaitu zakat yang wajib kita tunaikan di bulan suci ramadhan. Padahal, kenyataannya ada zakat lainnya sebagai penyempurna ibadah yaitu zakat maal atau zakat harta. 

Zakat maal itu sendiri terdiri dari bermacam-macam jenis seperti zakat penghasilan, pertanian, perniagaan, dll. Meski tidak se-popular zakat fitrah, tapi zakat maal juga memiliki banyak keutamaan jika kita menunaikannya. 

Seperti firman Allah SWT pada surat Al Baqarah ayat 224 yang menyebutkan "sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. 

Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati". Janji Allah adalah pasti, sehingga kita tak perlu meragu untuk menunaikannya. 

Sementara di Surat At Taubah ayat 103 Allah berfirman "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka". Dari sini kita bisa memahami betapa zakat merupakan rukun Islam yang ke-4 yang telah diperintahkan secara langsung oleh Allah SWT.

Zakat maal atau zakat harta merupakan zakat yang dikeluarkan dari harta yang telah terkalkulasi menurut kaidah atau aturan yang telah ditetapkan. Tujuan dikeluarkannya zakat harta ini selain salah satu upaya untuk mensucikan harta yang dimiliki juga untuk tujuan kemaslahatan umat. 

Ya, zakat jenis ini memiliki manfaat yang cukup besar bagi menyokong kemakmuran bangsa. Dana yang terkumpul dapat digunakan untuk pengembangan pemberdayaan di segala bidang, seperti pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan. 

Bayangkan, jika seluruh penduduk muslim di Indonesia telah memahami dan menunaikan zakat dengan kaffah, inshaaAllah kemakmuran dan kesejahteraan Indonesia akan lebih terjamin. Apalagi data menunjukkan bahwa Islam merupakan agama terbesar di Indonesia, tentu akan lebih terlihat syiar manfaatnya.

Begitu besarnya keutamaan dan manfaat dana zakat bagi kemaslahatan umat tentu saja harus disikapi dengan bijaksana. Penyelenggaraan Lembaga Amil Zakat harus terjamin amanahnya, sebab dari sinilah dana zakat dapat terdistribusi dengan baik serta tepat sasaran. 

Lembaga Amil Zakat berperan dalam pengelolaan dana zakat mulai dari penerimaan sampai proses penyaluran. Jika seluruh komponen ini telah berjalan baik maka inshaaAllah dana zakat juga akan tersalurkan dengan baik.

Lembaga Amil Zakat Memiliki Program-Program Pengentasan Kemiskinan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN