Mohon tunggu...
Fidelis Harefa
Fidelis Harefa Mohon Tunggu... Info Singkat

Berasal dari Pulau Nias, tepatnya di Nias Utara. Saat ini berdomisili di Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya. Co-Founder/Managing Partner Law Firm Kairos

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Siapa Pemilik Cloud Arbitrage Bernama Arbitano?

24 Januari 2021   16:21 Diperbarui: 24 Januari 2021   16:52 5193 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Pemilik Cloud Arbitrage Bernama Arbitano?
Tangkapan layar dari halaman arbitano.io (doc. fharefa)

Selamat bertemu kembali rekan-rekan kompasianer. Lama tak bersua dan bertegur sapa melalui tulisan di Kompasiana. Mengawali tulisan di Tahun 2021 ini, saya ingin menuliskan sedikit tentang dunia bisnis yang akhir-akhir ini cukup viral di media sosial Indonesia, khususnya di Facebook dan Youtube.

Tulisan ini terinspirasi dari sebuah pertanyaan yang disampaikan kepada saya melalui pesan inbox Facebook beberapa waktu lalu yang isinya bertanya tentang “siapa pemilik Arbitano”. Saat itu, saya tidak menjawab langsung karena saya pun tidak mengetahui “siapa pemilik dari Cloud Arbitrage bernama Arbitano itu. Tapi karena semakin viral di media sosial, akhirnya saya mencoba mencari tahu tentang jejak digital kasat mata yang terhubung ke Arbitano.

Arbitano adalah salah satu Arbitrase, yakni suatu cara trading di mana trader berusaha mendapatkan profit dari perbedaan harga antar instrumen di dua pasar berbeda. Dalam bahasa Inggris, trader pengguna strategi arbitrase biasa disebut sebagai "arbitrageurs". [Ref: seputarforex]. Pada awalnya, Arbitano diperkenalkan melalui official website dengan alamat arbitano.io. Lalu, kita bertanya tentang siapa pemilik domain arbitano.io tersebut. Gambar berikut menjelaskan tentang siapa pendaftar domain arbitano.io dengan meminta bantuan WHOIS DOMAIN TOOLS yang hasilnya sebagai berikut:

Tangkapan layar dari halaman Domaintools, (doc. fharefa)
Tangkapan layar dari halaman Domaintools, (doc. fharefa)

Dan pada domaintools, disajikan data seperti di bawah ini:

Domain Name: ARBITANO.IO
Registry Domain ID: D503300001186058554-LRMS
Registrar WHOIS Server: whois.namecheap.com
Registrar URL: www.namecheap.com
Updated Date: 2020-11-16T06:37:48Z
Creation Date: 2020-07-26T15:55:25Z
Registry Expiry Date: 2026-07-26T15:55:25Z
Registrar Registration Expiration Date:
Registrar: NameCheap, Inc
Registrar IANA ID: 1068
Registrar Abuse Contact Email: abuse@namecheap.com
Registrar Abuse Contact Phone: +1.6613102107
Reseller:
Domain Status: clientTransferProhibited https://icann.org/epp#clientTransferProhibited
Registrant Organization: WhoisGuard, Inc.
Registrant State/Province: Panama
Registrant Country: PA
Name Server: AISHA.NS.CLOUDFLARE.COM
Name Server: SONNY.NS.CLOUDFLARE.COM
DNSSEC: unsigned

Berdasarkan data di atas, diterjemahkan dalam bahasa sederhana masyarakat yang tidak paham tentang jejak digital, dapat dikatakan bahwa pemilik domain arbitano.io adalah pendaftar domain tersebut. Pendaftar menurut data adalah Namecheap, Inc dengan e-mail: abuse@namecheap.com dari Amerika Utara, karena menggunakan kode zona +1 pada nomor kontaknya. 

Apakah Namecheap pemilik Arbitano? Menurut saya bukan. Namecheap adalah hanya reseler domain yang bisa mendaftarkan domain atas nama siapa saja, termasuk atas nama pemilik Arbitano. Lalu, siapa pemilik Arbitano? Apakah orang dari luar Indonesia? Artikel sejenisnya pernah dibahas oleh Brahm Anuga pada blog bahasabisnis.com berjudul: Arbitano: Penipuannya Murahan dan Mudah Terbongkar. Dalam tulisan tersebut Brahm juga beralibi bahwa pemilik Arbitano adalah kemungkinan dari Indonesia, bukan dari luar Indonesia.

Melangkah sedikit lagi tentang Arbitano, sistem kerjanya adalah: member dapat bergabung dengan minimal deposit $10 dan menjanjikan 0,5% - 10% keuntungan tiap harinya. Karena begitu viralnya, banyak juga masyarakat Indonesia yang bergabung sehingga memenuhi media sosial facebook dengan group Arbitano seperti: Arbitano Indonesia, Jawara Arbitano Indonesia, Arbitano.Io Global, Arbitano Riau dan banyak lagi. Kalau mengikuti konten group-group tersebut, sedang hangat dibicarakan tentang Withdraw (WD) member yang tidak pernah sukses masuk ke dompet digital. Jawaban yang diharapkan tidak pernah dijawab oleh Tim Support Arbitano, bahkan menyampaikan bahwa Arbitano memiliki produk lain yang dapat membantuk member untuk mengembangkan usaha di dunia arbitrage cloud. 

Apa produk andalan Arbitano saat ini? Disebutkan tiga jenis aplikasi digital yakni: Qik Quk, Arbizoom dan Transme. Salah satu produk tersebut dapat dilihat pada gambar berikut: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x