Mohon tunggu...
โ˜…ๅฝก ๐…๐ž๐ฒ ๐ƒ๐จ๐ฐ๐ง ๅฝกโ˜…
โ˜…ๅฝก ๐…๐ž๐ฒ ๐ƒ๐จ๐ฐ๐ง ๅฝกโ˜… Mohon Tunggu... Anti Scam Activist - Pemerhati - Penulis

๐๐ž๐ง๐ž๐ซ๐ข๐ฆ๐š ๐Š๐จ๐ฆ๐ฉ๐š๐ฌ๐ข๐š๐ง๐š ๐€๐ฐ๐š๐ซ๐ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’ "๐“๐ก๐ž ๐๐ž๐ฌ๐ญ ๐ˆ๐ง ๐’๐ฉ๐ž๐œ๐ข๐Ÿ๐ข๐œ ๐ˆ๐ง๐ญ๐ž๐ซ๐ž๐ฌ๐ญ" ๐—”๐—ป๐˜๐—ถ ๐—ฆ๐—ฐ๐—ฎ๐—บ ๐—”๐—ฐ๐˜๐—ถ๐˜ƒ๐—ถ๐˜€๐˜/๐—ช๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฒ๐—ฟ. ๐ˆ๐†: @๐Ÿ๐ž๐ฒ๐๐จ๐ฐ๐ง_๐—ผ๐—ณ๐—ณ๐—ถ๐—ฐ๐—ถ๐—ฎ๐—น. ๐—›๐—ฒ๐—น๐—ฝ๐—น๐—ถ๐—ป๐—ฒ ๐—ช๐—ฆ๐—– : ๐—ช๐—” ๐—ผ๐—ป๐—น๐˜† + ๐Ÿฒ๐Ÿญ ๐Ÿฐ๐Ÿต๐Ÿฎ๐Ÿด๐Ÿฒ๐Ÿฑ๐Ÿญ๐Ÿญ๐Ÿณ ๐„๐ฆ๐š๐ข๐ฅ : ๐ฐ๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š๐ฌ๐œ๐š๐ฆ@๐ ๐ฆ๐š๐ข๐ฅ.๐œ๐จ๐ฆ ๐…๐ ๐๐š๐ ๐ž : ๐ฐ๐ฐ๐ฐ.๐Ÿ๐š๐œ๐ž๐›๐จ๐จ๐ค.๐œ๐จ๐ฆ/๐ฐ๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š๐ฉ๐ž๐ง๐ข๐ฉ๐ฎ ๐‘ด๐’†๐’๐’†๐’•๐’‚๐’‘ ๐’…๐’Š ๐’Œ๐’๐’•๐’‚ ๐‘ท๐’†๐’“๐’•๐’‰, ๐‘พ๐’†๐’”๐’•๐’†๐’“๐’ ๐‘จ๐’–๐’”๐’•๐’“๐’‚๐’๐’Š๐’‚

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bahagiakah Pria-pria yang Berpoligami?

20 Juni 2011   04:12 Diperbarui: 26 Juni 2015   04:21 7055 4 16 Mohon Tunggu...

Jawaban A : Jika dunia bisa kuputar balik, maka kuingin 1 istri saja

Jawaban B : Tak ada ketentraman, ternyata sulit merukunkan 2 wanita.

Membaca tulisan hari ini tentang poligami, banyak dari mereka berkomentar seolah poligami itu mudah saja, karena mereka belum menjalankan. Seperti beberapa wanita terkenal yang berkata rela dimadu jika memenuhi syarat poligami karena ingin mendapat pahala, setelah suaminya menikah lagi malah minta cerai. Sama seperti penonton bola yang teriak2 pada pemain bola,mereka kira mudah mencetak gol ke gawang. Ternyata kalau belum di jalankan, semua kelihatan mudah saja.

A berusia 50 tahun dan memiliki 3 anak, istrinya sakit sakitan. Syarat terpenuhi untuk menikah lagi maka atas izin istri pertama , menikahlah A dengan gadis berusia 30 th. Istri pertama dan anak anaknya menempati rumah mewah sejak lama, istri ke 2 cukup di kontrakan rumah petak saja, lalu lahirlah 4 anak mereka. A mulai pusing, anak banyak harus kerja lebih keras. Setiap hari raya istri pertama dan anak anaknya ingin ayah mereka di rumah, tapi anak anak dari istri ke 2 menuntut juga. Akhirnya di ambil jalan tengah, hari pertama di istri tua, hari ke 2 di istri muda.

Istri pertama diam diam memendam pedih namun hanya anak anaknya yang tahu bagaimana perasaan ibu mereka. Sakit semakin parah tak lama istri pertama meninggal. Pindahlah keluarga istri ke 2ย  kerumah istri pertama. Anak2 istri tua sulit menerima ibu tiri di rumah mereka, setiap hari ada saja masalah. Akhirnya anak anak istri tua pindah kerumah nenek mereka. Ketika seorang teman bertanya pada B : Enak ngga punya bini 2? Jawabnya โ€œ Jika dunia bisa kuputar kembali, aku ingin 1 istri saja. SUAMI ADALAH IMAM BAGI KELUARGANYA. MENJADI IMAM BAGI 1 KELUARGA SAJA SUDAH SULIT, APALAGI 2 KELUARGA. โ€ Hingga meninggal A tak pernah menikah lagi, namun anak anak dari istri pertama dan kedua tak pernah bisa rukun.

B sudah memiliki4 anak dan menikah diam diam ketika istri hamil anak ke 5, istri B terpaksa pasrah karena tak ada pilihan, danย  selama ini hanya bergantung pada suami.Dalam keadaan hamil besar istri tua mulai sakit sakitan dan akhirnya melahirkan bayi premature. Setahun kemudian istri muda melahirkan anak laki laki. Tak pernah ada kerukunan diantara kedua istri B. Usaha mulai bangkrut, rumah terjual hanya bisa kontrak 1 rumah saja.Istri tua dan muda tinggal 1 atap , bisa di bayangkan apa yang terjadi. Hanya bertahan beberapa bulan, istri muda menyerah dan kembali ke orang tuanya dengan membawa anak. B mulai sakit sakitan , mungkinterlalu banyak beban pikiran. Pernah sekali B mengeluh betapa sulit merukunkan 2 wanita, tahu begini lebih baik satu istri saja. Sebelum meninggal B meminta maaf pada 2 istri dan anak anaknya serta berpesan agar mereka rukun. Ternyata pesan tinggalah pesan, istri tua dan muda tak lagi bertegur sapa walau kini mereka sudah tua.

Apakah laki laki yang berpoligami di jamin tak akan punya WIL ? Belum tentu,karena banyak bukti walau istri lebih dari satu , masih saja punya WIL apalagi ketika punya jabatan dan banyak uang.Namun banyak pula ulama yang hanya beristri satu, padahal mereka bisa poligami jika mau, mereka kayaย  dan berilmu pula. Contoh Gus Dur , ย  alm Buya Hamka dan masih banyak lagi.

Kisah di atas hanyaย  contoh2 kecil namun saya sangat menghargaiย  laki laki yang bisa hidup tenang, tentram dan bahagia bersama istri2 mereka. Salut pada laki laki yang sukses menjadi imam bagi keluarga2 nya.Bahagiakah pria pria yang berpoligami? Semoga ada yang menjawabnya dengan hati.

Saya pribadi tidak menentang . Saya setujuย  pada jawaban si gadis Annaย  ketika di lamar Furqan dalam film Ketika Cinta Bertasbih,ย  di film tsb Annaย  menyebutkan syarat dirinya agar sah di nikahi Furqan " Poligami memang di benarkan oleh Islam, dan TAK MASALAH JIKA KAMU AKAN BERISTRI LAGI, 2,3 ATAU 4 SEKALIPUN TAPI ,ย  SALAH SATU ISTRIMU BUKANLAH AKU "ย ย  hmmย  daleem....

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x