Mohon tunggu...
Efwe
Efwe Mohon Tunggu... Cuma sekedar berbagi

Penikmat tulisan dan tontonan Emailnya Ferywidiamoko24@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Jokowi Bakal Punya Mobil Baru

3 Juli 2019   14:56 Diperbarui: 3 Juli 2019   15:28 0 2 1 Mohon Tunggu...
Jokowi Bakal Punya Mobil Baru
Jpnn.com

Sudah sekitar 12 tahun mobil kepresidenan Mercy S600 Pullman Guard   dengan Nomor Polisi RI 1 yang sekarang masih dipakai oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Jumlah mobil kepresidenan yang dimiliki Sekretariat negara untuk kepentingan VVIP berjumlah 10 buah, Jenis Sedan Mercy S600 Pullman Guard ini ada 7 buah termasuk yang dipakai oleh Wapres Jusuf Kalla. Kemudian 2 buah Jip dengan merk yang sama dan terakhir 1 buah sedan limosine Mercy.

Sedan Mercy S600 Pullman Guard ini merupakan flagship nya pabrikan kendaraan asal Jerman Mercedez-Benz  yang dibekali dengan teknologi terbaik, dengan performa dan dinamika yang ciamik. Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan. 

Mercedes-Benz memang sengaja membuat S600 Pullman Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Seluruh body dan kaca mobil ini dibaluti bahan antipeluru,  senapan serbu militer seperti AK 47 atau M16, bahkan granat tangan pun tidak akan mampu menhancurkan mobil tersebut. Selain itu fasilitas safetynya juga dilengkapi run-flat tyre. Mobil ini masih bisa ngebut meskipun kondisi bebas kempis, dan tangki bensinnya pun memakai bahan antipeluru serta memilik sistem pemadam kebakaran yang canggih dan mandiri.

Bukan hanya Presiden Indonesia yang memakai Mercy jenis ini, bahkan Presiden Korea Utara, Kim Jong Un pun menggunakan kendaraan ini sebagai kendaraan kenegaraannya. Karena Fitur keamanannya cukup mumpuni. Meskipun dikenal sebagai mobil yang canggih, mewah dengan sepesifikasi yang hebat. Mobil Kepresidenan Jokowi  tidak bisa menghindar dari aus karena usia yang menyebabkan mogok beberapa kali. Tahun ini merupakan tahun ke 12 mobil itu dipakai sebagai mobil kepresidenan. Sudah tiba saatnya untuk berganti memakai model terbaru.

Kementerian Sekretariat Negara telah membuka tender pengadaan mobil baru kepresidenan untuk menggantikan mobil yang kini dipakai Jokowi dan merupakan warisan dari presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sampai saat ini baru 2 pabrikan mobil yang mengajukan proposal terkait tender tersebut yakni dua perusahaan produsen mobil mewah asal Jerman, BMW dan Mercedes Benz."Betul, BMW dan Mercedes Benz sudah menawarkan," kata Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) Piping Supriatna 

BMW akan mengusung sedan seri 7 Security Vehicle F02. Sedan ini diklaim sebagai salah satu mobil teraman yang dibuat dengan spesifikasi khusus yang bisa menjamin keamanan orang penting di dalamnya. Mobil ini di desain agar tahan terhadap tiga risiko besar. Misalnya, tindak kriminal di jalan seperti mampu menahan peluru kaliber 0,44 Magnum, kejahatan terorganisir seperti menangkis peluru sekelas AK-47, hingga serangan ledakan. BMW seri 7 High Security merupakan sedan pertama di dunia yang bisa menahan terjangan peluru VR7. Di area transparan, mobil ini bahkan masih bisa tahan terhadap peluru kelas VR9. Tak hanya itu, mobil ini pun tahan ledakan granat. 

Sedangkan Mercedes Benz menolak untuk membeberkan spesifikasi mobil yang ditawarkan dalam proposalnya saat mengajukan tender ke Sekretariat Negara. Deputy Director Sales Operations & Product Management PT MDBI, Kariyanto Hardjosoemarto  hanya menerangkan bahwa Mercy punya beberapa tipe untuk kebutuhan petinggi negara "Mercedes-Benz memang memiliki banyak pilihan, seperti Mercedes-Benz S600, Maybach, dan paling mewah Pullman. Tapi ya tentu, jika ditanya harapan kita masih pingin Presiden naik Mercy," jelas Kariyanto. Yang jelas kendaraan kepresidenan itu akan langsung di kirim dari Jerman. "Jadi memang istilahnya tidak disebutkan, begitu juga harganya. karena itu tergantuk spesifikasi, karena kan customized sekali, seperti kendaraan sudah anti peluru, dan lain-lain," pungkasnya.

Nah apakah Jokowi berkenan untuk mengganti mobil lamanya, kita liat nanti. Apabila memang sudah sering mogok kenapa pula tidak diganti saja. Mobil ini kan penting bagi kegiatan Jokowi sebagai Presiden yang sangat mobile.

Sumber
cnbcindonesia.com
detik.com
liputan6.com