Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Berharap memberi manfaat
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penikmat Aksara, Musik dan Tontonan. Politik, Ekonomi dan Budaya Emailnya Ferywidiamoko24@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tanpa Segitiga Pengaman, Siapapun Bisa Cerai

29 Juni 2019   15:42 Diperbarui: 29 Juni 2019   16:02 135 3 2 Mohon Tunggu...
Tanpa Segitiga Pengaman, Siapapun Bisa Cerai
123rf.com

Jujur saya tidak tahu pasangan artis Korea yang perceraiannya membuat heboh jagat media sosial. Namanya saja baru dengar, Song Joong-ki dan Song Hye-kyo ini kali pertama membaca dan menuliskannya. 

Terlepas dari itu semua, perceraian bisa terjadi terhadap pasangan manapun. Tak peduli jabatan, tingkat pendidikan, ras ataupun status sosial, kaya atau miskin agama apapun. Cerai ya cerai saja.

Memang benar tak pernah ada yang berharap mengalami keretakan kehidupan rumah tangga yang telah mereka bina. Berbagai persoalan, seperti seringnya  bertengkar, hilangnya rasa kecocokan, KDRT, faktor ekonomi, hingga perselingkuhan sering jadi sumber masalah keretakan hubungan rumah tangga yang berujung perceraian.

Sejatinya setiap pasangan akan terus berusaha mempertahankan bahtera rumahtangga, semaksimal kemampuan pasangan tersebut bertahan, tekanan yang terjadi akibat masalah yang terus bergulir dalam kehidupan rumahtangga disikapi secara berbeda oleh setiap individu.

Ada pasangan, walaupun badai yang terjadi dirumahtangganya seperti tornado masih mampu bertahan. Ada pula pasangan yang baru tertiup angin sepoi-sepoi rumahtangganya sudah jatuh dan hancur berkeping-keping.

Kenapa bisa begitu karena pasangan yang pertama memiliki Komitmen, tanggungjawab, dan cinta yang merupakan segitiga penjaga keutuhan rumahtangga. Bila salah satunya sudah hilang siap-siap saja rumahtangga menjadi berantakan seperti yang terjadi pada pasangan kedua walaupun ini tidak mutlak pasti terjadi seperti itu.

Tanpa segitiga pengaman bahtera rumahtangga yakni Komitmen, tanggungjawab, dan cinta, siapapun bisa bercerai termasuk song song couple itu,  anda atau bahkan saya. 

VIDEO PILIHAN