Mohon tunggu...
Widiatmoko
Widiatmoko Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Amatir

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Beasiswa LPDP 2022 Februari ini Dibuka, Bagi yang Berminat, Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya

26 Januari 2022   15:17 Diperbarui: 26 Januari 2022   15:35 469 26 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Berkuliah untuk mendapat gelar Sarjana, Strata dua setingkat magister atau tingkat doktoral atau S3 di dalam negeri saja karena keterbatasan dana mungkin masih menjadi impian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi kuliahnya di universitas keren di luar negeri itu mah kaya pungguk merindukan bulan, sebuah hil yang mustahal.

Namun, impian dan hil yang mustahal itu sebenarnya bisa diwujudkan apabila kita bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang  yang lebih tinggi.

Saat ini banyak banget beasiswa yang ditawarkan, dan bagi kalian yang berminat bisa mendaftar, salah satunya melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Beasiswa yang kondang disebut Beasiswa LPDP ini, akan kembali membuka kesempatan bagi mereka yang berminat untuk mendapatkan beasiswa periode tahun ini, pada Februari hingga Maret 2022 dan Juli-Agustus 2022.

Menurut situs LPDP.go.id, untuk tahun 2022 ini beasiswa akan diberikan kepada 4.000 penerima yang telah lolos tahapan seleksi yang meliputi seleksi administrasi, seleksi substansi akademik dan kebangsaan serta seleksi wawancara.

Terdapat beberapa macam jalur beasiswa bagi mereka yang berminat untuk mendapatkan beasiswa. Ada beasiswa afirmasi dan targeted, ada beasiswa kolaborasi dan ada pula beasiswa reguler.

Bahkan LPDP menyediakan slot khusus beasiswa bagi mereka yang berkebutuhan khusus atau bagi kaum difabel, yang masuk ke dalam beasiswa afirmasi.

Selain bagi difabel, beasiswa afirmasi ini diperuntukan bagi putra/putri daerah afirmasi dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan LPDP.

Nah, bagi masyarakat pada umumnya disediakan beasiswa reguler, namun beasiswa ini khusus bagi Warga Negara Indonesia yang akan menempuh pendidikan strata 2 atau magister dan tingkat doktoral.

Syarat utamanya, telah menyelesaikan pendidikan strata 1 atau D4 bagi yang ingin mengikuti program pendidikan Magister atau S2, dan telah menyelesaikan pendidikan magister bagi mereka yang ingin mengikuti program Doktoral.

Kemudian, calon pendaftar perlu memastikan bahwa memiliki IPK nya 3,00 pada saat kuliah S1 dan memiliki IPK 3,25 ketika S2, memenuhi syarat bahasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan