Mohon tunggu...
Ferry Mulyanto
Ferry Mulyanto Mohon Tunggu... -

Profesi saya sekarang ini adalah sebagai seorang Dosen Informatika di Universitas Pasundan Bandung. Di sela-sela kesibukan mengajar saya juga berperan sebagai seorang System Administrator di Universitas Pasundan yang mengelola seluruh Infrastruktur IT yang ada. Saya seorang Coffee Addict, seluruh tubuh dan jiwa saya bangkit ketika cafein mengalir dalam aliran darah :). Saya menyenangi dunia IT sejak usia 18 tahun, VB adalah bahasa pemrograman pertama saya. Saya terlahir di dunia IT sebagai seorang programmer dengan bahasa C & Java sebagai Basic Skill saya. Hingga akhirnya saya diberikan tugas sebagai pengelola infrastruktur LAB dan menjadi pengelola hardware,software serta server. Saya memutuskan untuk mulai belajar bagaimana menjadi seorang Solopreneur agar mampu menjadikan semua skill yang saya miliki bernilai jual. Saya gabungkan semua Passion saya dalam satu area - Bisnis, IT Skill, Marketing Saat ini saya punya sebuah tim kecil yang selalu membantu saya untuk menyelesaikan setiap pekerjaan-pekerjaan baik IT maupun online marketing.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Macam-macam Jurusan Kuliah dan Cara Memilih yang Terbaik

20 Februari 2019   18:03 Diperbarui: 2 Maret 2019   11:15 980
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada banyak macam jurusan kuliah yang bisa kamu pilih di Perguruan Tinggi. Sesuaikan pilihan tersebut dengan passion dan prospek kerjanya.

Ada berbagai macam jurusan kuliah yang bisa kamu pilih setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, baik bagi kamu yang mengambil jurusan IPA maupun IPS.  Tantangannya adalah memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan passion supaya kelak tidak menyesal.

Nah, sebagai bahan pertimbangan bagi kamu, ketahui terlebih dahulu jurusan kuliah apa saja yang populer dan menarik. Dibagi dalam dua kelompok besar, berikut ulasan singkatnya.

Jurusan Saintek (IPA)

Kelompok jurusan kuliah saintek (sains dan teknologi) adalah jurusan yang umum dipilih oleh "anak" IPA. Ada sejumlah opsi yang bisa kamu coba, antara lain:

Kedokteran
Mahasiswa Kedokteran mempelajari penyakit dan cara penyembuhannya. Bukan hanya mendalami teorinya saja, para mahasiswa Kedokteran juga harus berlatih untuk mempraktikkan ilmunya. Lulus kuliah, mereka diharapkan memiliki kompetensi untuk menyembuhkan pasien yang sakit.

Teknik
Jurusan teknik terbagi atas bermacam-macam program studi. Salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang menawarkan jurusan ini adalah Universitas Pasundan. 

Fakultas Teknik Universitas Pasundan terdiri atas 5 jurusan, yaitu Teknik Industri, Teknologi Pangan, Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Lingkungan, dan Teknik PWK (Perencanaan Wilayah dan Kota). Nah, kamu tertarik di jurusan mana?

Arsitektur
Kamu juga bisa memilih jurusan Arsitektur, yaitu jurusan yang mempelajari desain dan rancang bangun konstruksi. Kamu akan belajar membuat konsep serta desain di atas kertas untuk dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Farmasi
Jurusan lain yang cukup populer adalah Farmasi. Berkuliah di jurusan Farmasi akan membuat kamu lebih paham mengenai obat-obatan. Bahkan, kamu juga dapat mengetahui struktur obat, meracik obat, membuat formula obat, atau menganalisis sebuah obat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun