Mohon tunggu...
Ferro News
Ferro News Mohon Tunggu... Pegawai Swasta

Selalu Semangat

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Bagi Dropship Pedagang Kecil, Berdagang di Tokopedia Itu Sulit

20 Januari 2020   17:43 Diperbarui: 20 Januari 2020   18:22 137 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagi Dropship Pedagang Kecil, Berdagang di Tokopedia Itu Sulit
Tokopedia

Jakarta- Saya penjual kecil dropship kiriman luar negeri Tokopedia Toko Happy Aja (tokoonlinehappyaja) merasakan dizolimi oleh pihak Tokopedia (CS, bagian logistik, kurir, maanjemen, tim investigasi, dll di Tokopedia).

Masalah pertama, Akun jualan saya dimoderisasi atau dibekukan dengan sepihak dan tiba-tiba oleh pihak Tokopedia. Tanpa adanya peringatan/pemberitahuan terlebih dahulu.  Alasan Tokopedia adalah saya menscraping dan merugikan orang lain.

Padahal, tuduhan fitnah itu sangat keliru. Saya scrap/ copy paste toko di Tokopedia saya sendiri. Jadi waktu itu saya punya toko pertama bernama Toko Ferro Store, tetapi karena ada tugas pekerjaan (dinas), toko Ferro Store jadi tidak aktif atau terbengkalai.

Namun ada 500/ lebih produk di dalamnya. Untuk menyingkat waktu, saya scrap/ copy paste toko Ferro Store/ toko milik saya sendiri. Sebanyak 500 produk ke Toko Happy Aja (milik saya juga).

Nah disinilah masalah terjadi, Tokopedia menuduh/ memfitnah toko saya bahwa saya telah mengambil/ mencuri barang toko orang lain dengan cara scrap. Hal itu berdasarkan Tim Investigasi Tokopedia yang bersumber dari laporan hoax/ oknum tidak bertanggung jawab yang ingin toko saya hancur.

Di dalam aturan peraturan Tokopedia tidak tercantum yang melarang pemilik toko menscrap tokonya sendiri. Namun, di dalam aturan Tokopedia tercantum jelas bahwa sebuah toko dilarang menscrape atau copas item produk toko lain. Hanya itu. Tak hanya Tokopedia, seluruh marketplace di seluruh dunia, saya baca aturannya, memang dibolehkan toko menscrape-copas toko miliknya sendiri.

Saya pun tersenyum dituduh mencuri/ scrape item produk toko lain. Karena itu pencemaran nama baik toko saya. Saya tidak pernah scrap/ mengambil item produk orang lain. Karena toko Ferro Store dan Toko Happy Aja adalah milik saya sendiri.

Saya pun diancam dengan peraturan-peraturan aneh-aneh dari Tokopedia dimana saya tidak boleh menambah dan merubah toko saya sendiri.  Lebih aneh lagi, jika mau akun pulih toko saya, saya harus bayar sejumlah uang yang mahal. Padahal  saya tiap pekan bayar iklan di Tokopedia sebesar 100 ribu. Ini, Tokopedia sudah melakukan pemerasan terhadap toko saya, dengan tuduhan palsu.

Namun yang disayangkan, perusahaan-perusahaan besar atau toko-toko dengan modal besar boleh menscrap atau copy paste produk dari websitenya ke Tokopedia. Saya mencoba banding, namun ditolak oleh Tokopedia karena tidak menyerahkan sejumlah uang.

Selanjutnya, keluhan kedua saya yaitu pelayanan CS Tokopedia terhadap toko drooship pengiriman luar negeri saya juga kurang bagus. Sering tidak paham dengan masalah/ keluhan di mana Chat Awal keluhan penjual disampaikan secara jelas.

Seperti barang kiriman luar negeri sudah sampai. Tetapi mereka selalu minta komentar dari pembeli. Hal itu menjadikan dropship luar negeri jadi tidak nyaman menjual barang di Tokopedia. Karena jika bukti pos/ pengiriman sudah sampai ada stempel dll sudah sangat valid, tetapi kalau pelanggan belum komen/ koment tahun depan ya saldo di teruskan tahun depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x