Mohon tunggu...
Ferra Flourenansyah
Ferra Flourenansyah Mohon Tunggu... Lainnya - Education - Life

Education - Life

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Habit

25 Februari 2021   09:34 Diperbarui: 25 Februari 2021   09:42 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Setiap orang pasti memiliki habit atau kebiasan yang berbeda-beda baik mulai yang positif sampai negatif. Secara tidak langsung segala hal yang kita lakukan setiap hari dan berulang akan membentuk suatu kebiasaan di dalam diri kita. And you know that, kebiasaan yang terbentuk itu secara ga sadar juga akan membentuk perilaku kita, bahkan sampai berpengaruh pada kepekaan kita terhadap lingkungan sekitar. Kalau kebiasaan baik sih menurutku cukup bermanfaat, Tapi jika habit yang ngerubah atau ngebentuk kepribadian ke arah negatif itu sangat sangat merugikan menurut aku.

Disini aku punya pengalaman dari habit yang secara ga sadar mampu ngebentuk dan merubah kepribadian aku ke arah negatif, ketika aku daftar instagram dan media sosial lainnya secara ga sadar aku kayak kecanduan buat buka tuh aplikasi. 

Bahkan setelah bangun dari tidur aku ga sadar langsung buka hp dan buka aplikasi baik itu instagram, youtube dan masih banyak lagi, sebenernya aku buka apps sih cuma iseng-iseng untuk ngisi waktu luang di pagi hari dan secara ga sadar itu jadi kegiatan atau rutinitas aku setelah bangun tidur sehingga terbentuklah habit itu ke dalam diri, yah mungkin bisa dikatakan habit yang menuju ke arah negatif sih. 

Semakin ke sini aku semakin sadar kalau kebiasaan ini jika aku lakuin setiap hari itu akan memberikan dampak yang negatif ke dalam diri dan mungkin jika enggak di perbaiki maka juga akan berdampak pada perilaku dan pola pikir serta sudut pandang terhadap lingkungan sekitar. So, akhirnya aku sedikit demi sedikit ngerubah habit ku saat bangun tidur. 

Di pagi hari aku coba setelah bangun aku olahraga ringan misalnya pemanasan atau jalan-jalan, dan itu aku berusaha untuk tidak membuka hp, but actually itu susah banget. I don't know why, kalau kebiasaan yang enggak sengaja itu, bisa membuat suatu kebiasaan yang mungkin akan selalu kita lakukan dalam jangka panjang.

Mungkin dapat dikatakan jika kita harus melihat dalam diri sendiri apakah habit ini baik atau buruk, karena jika kita tidak sadar akan habit yang ada di dalam diri, maka perilaku kita, kebiasaan kita, pandangan kita terhadap sesatu akan dikontrol oleh suatu kebiasaan yang secara ga sadar ada dalam diri kita. Kita mungkin enggak sadar bahwa perilaku dan pandangan kita, merupakan cerminan dari kebiasaan yang kita lakukan dalam sehari-hari.

oke sampe disini, yang bisa aku tulis disini . Bye My Friends :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun