Mohon tunggu...
Feri Dianto
Feri Dianto Mohon Tunggu... Guru - SD Negeri Trayeman 03

Penulis di blog sajakpenaklukhati.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Merdeka Mengajar untuk Merdeka Belajar: Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di Indonesia

2 November 2023   10:06 Diperbarui: 2 November 2023   10:12 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan merupakan tonggak utama dalam pembangunan suatu negara. Di Indonesia, cita-cita untuk memiliki sistem pendidikan yang berkualitas telah diamanatkan dalam berbagai kebijakan dan program-program nasional. 

Salah satu konsep yang tengah diperjuangkan dengan gigih adalah "Merdeka Belajar". Namun, untuk mewujudkan merdeka belajar, ada satu langkah mendasar yang harus diambil terlebih dahulu, yaitu "Merdeka Mengajar".

Merdeka Mengajar: Pangkal Merdeka Belajar

Merdeka Mengajar adalah konsep yang menekankan pentingnya kebebasan bagi para pendidik untuk mengajar dan mendidik tanpa terkendala oleh berbagai hambatan administratif, birokrasi, dan aturan yang kaku. 

Dalam lingkungan pendidikan yang merdeka mengajar, guru memiliki kebebasan untuk mengembangkan metode pengajaran yang inovatif, relevan, dan menarik bagi para siswa.

Mereka dapat mengadaptasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.

Dalam konteks Merdeka Mengajar, guru juga dihargai dan diberdayakan secara optimal. Mereka diberikan ruang untuk mengembangkan profesionalisme mereka, mengikuti pelatihan dan pengembangan diri, serta mendapatkan pengakuan atas kontribusi mereka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru yang merasa dihargai dan didukung akan lebih termotivasi untuk memberikan pendidikan terbaik bagi generasi muda.

Merdeka Belajar: Visi Pendidikan Masa Depan

Setelah Merdeka Mengajar berhasil diterapkan dengan baik, langkah berikutnya adalah mewujudkan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar adalah konsep di mana setiap individu memiliki kebebasan untuk memilih jalannya sendiri dalam proses pembelajaran. Siswa tidak hanya menjadi objek pasif dalam sistem pendidikan, tetapi juga menjadi subjek aktif yang memiliki kontrol atas pembelajaran mereka.

Dalam Merdeka Belajar, siswa memiliki fleksibilitas untuk memilih mata pelajaran yang mereka minati, mengakses sumber belajar yang beragam, dan mengikuti metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun