Latar Belakang Masalah
- Model pembelajaran yang masih bersifat konvensional.
- Penggunaan bahan ajar dan penerapan teknologi yang belum maksimal dalam proses pembelajaran.
- Pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru karena belum menerapkan student center learning.
- Belum optimal dalam pemberian reward/apresiasi sebagai bentuk penilaian proses dan hasil pembelajaran siswa.
Tujuan
Menerapkan model pembelajaran yang inovatif, megoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, memaksimalkan penerapan student center learning, serta pemberian reward/apresiasi sebagai bentuk penilaian pada peserta didik.
Tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan praktik :
1. Tantangan dari guru
- Guru masih belum memahami sintaks-sintaks dalam model pembelajaran inovatif.
- Guru belum optimal menggunakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi pembelajaran
2. Tantangan dari peserta didik
- Beberapa peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
- Peserta didik masih bingung dan kurang percaya diri dalam melakukan presentasi
Langkah yang dilakukan :
- Guru menyiapkan perangkat pembelajaran dengan lengkap yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik.
- Guru mempelajari sintaks-sintaks yang terdapat dalam model pembelajaran inovatif dari berbagai sumber, serta mencari referensi kegiatan menarik yang bisa dilaksanakan di dalam kelas.
- Guru membimbing diskusi kelompok agar peserta didik yang kurang aktif dapat ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
- Menggunakan clip on pada saat proses perekaman agar dapat meminimalisir suara-suara dari luar sehingga suara guru terdengar jelas
Strategi yang digunakan:
Menerapkan model-model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik yaitu menggunakan model Problem Based Learning dan model Cooperative Learning.
Dalam proses pelaksanaannya saya melakukan sintaks-sintaks model pembelajaran yang diterapkan sebagai berikut:
1. Model Problem Based Learning
- Orientasi peserta didik pada masalah.
- Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar.
- Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok.
- Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
- Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.