Mohon tunggu...
Ferancha Retika
Ferancha Retika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswi Tingkat Akhir yang sedang belajar membuat sebuah tulisan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Darurat Sampah Plastik?! Ubah Kebiasaannya Sejak Dini

10 Agustus 2022   13:59 Diperbarui: 10 Agustus 2022   14:28 42 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sampah Plastik sudah menjadi permasalahan yang melanda dunia sejak lama. Di Indonesia sendiri yang mayoritas masyarakatnya konsumtif menjadi penyumbang sampah plastik terbanyak. Dimana pada tahun 2020 Indonesia dapat menghasilkan 7,8 ton sampah plastik dengan 4,9 juta ton diantara nya tidak dikelola dengan baik sampai berada di tempat pembuangan akhir. Selain itu, sebagian besar pencemaran laut yang terjadi disebabkan karena sampah plastik.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIp Tim II yaitu Ferancha Retika melakukan kegiatan sosialisasi yang menargetkan siswa-siswi SMP PGRI 2 Semarang dengan tema bahasan adalah "Edukasi Mengenai Penggunaan Totebag dan Tumblr Sebagai Salah Satu Pembiasaan Kepada Anak Untuk Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik"

Kegiatan sosialiasasi kepada siswa-siswi ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2022 di Sekolah SMP PGRI 2 Semarang pada pukul 09.00-10.00 WIB. Kegiatan tersebut diawali dengan dikenalkannya apa saja jenis plastik yang biasanya digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Dimana diantaranya adalah jenis plastik Polystyrene, Polyethylene Terepthalate dan High Density Polyethylene. Ketiga jenis plastik ini yang paling sering digunakan sebagai bungkus makanan, botol minuman dan tempat menyimpan sabun.

Berdasarkan ketiga jenis plastik tersebut kemudian masing masing dari siswa-siswi dapat mengetahui bahwa beberapa jenis plastik yang digunakan oleh mereka adalah jenis plastik yang berbahaya jika digunakan secara berulang-ulang khususnya jika digunakan sebagai bungkus makanan dan minuman. Berdasarkan hal tersebut siswa-siswi dapat menarik kesimpulan untuk dilakukannya alternatif sebagai pengganti plastik tersebut dengan menggunakan totebag, tumblr, sedotan stainless dan sebagainya. Kegiatan sosialisasi ini juga diselingi dengan games agar tidak membuat jenuh dengan melakukan games yang menuntuk mereka untuk aktif dan saling berinteraksi satu-sama-lain.

Dokpri
Dokpri

Output dari kegiatan ini adalah diharapkan agar siswa-siswi SMP PGRI 2 Semarang dapat mengetahui dan menyadari mengenai kondisi lingkungan nya sendiri terkait dengan penggunaan plastik dan dapat menjadi pelopor dan contoh untuk mengubah kebiasaan menggunakan plastik di lingkungannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan