Fenni Bungsu
Fenni Bungsu Blogger, Tutor, Buzzer

#SemangatCiee Blogspot: www.fennibungsu86.blogspot.com Segala sesuatu dimulai dari awal dan bertemu pada titik akhir

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Sehat Sambil Wisata di Mandiri Jogja Marathon 2018

16 April 2018   07:17 Diperbarui: 16 April 2018   10:13 797 5 1
Sehat Sambil Wisata di Mandiri Jogja Marathon 2018
Kolaborasi foto - Image by mandirijogjamarathon.com

Hai .. hai.. apa kabar?

Masih #SemangatCiee berlari dari kenyataan? Ah itu mah sudah dikenal, dan kamu ngerasa itu hal yang biasa, kan..kan. Bagaimana kalau lari dari tagihan utang, hehe.. Eh, ini beneran loh yang masih punya utang puasa Ramadhan tahun lalu buruan diganti. Bentar lagi Ramadhan tiba. Apalagi udah berseliweran iklan cat sama sirup yang membahana di layar kaca, hahaha.

Coba dong untuk kamu lari jauh-jauh yang bawa manfaat dapat hadiah sambil menikmati panorama dan kuliner khas Indonesia. Ini malah enggak, kamu masih aja nggak mau lari jauh dari saya, eh, opo hubungane toh, wkkwkw.

Memang ada yang seperti itu, sambil lari sambil menikmati pariwisata? Ada loh. Selain badan menjadi bugar karena berolahraga, mata pun dimanjakan dengan melihat panorama alam nan menyegarkan. Suasana tentu bakal menambah #SemangatCiee berlari kan, karena suasana indah yang khas.

Nah beginilah kalau sudah urusannya dengan olahraga lari. Sebagai salah satu yang amat digandrungi banyak orang, lari menjadi olahraga yang mengasyikkan, menyegarkan dan membawa keseruan bagi para pesertanya yang ikutan akan memberikan efek positif ceria seperti yang dikemas dalam tema seperti ini : "Berlari setiap kilometernya bersama kearifan budaya Yogyakarta". Yups inilah event Mandiri Jogja Marathon 2018.Banyak loh keseruan yang terjadi, dimulai dari peserta. Para pendaftar lari ternyata bukan hanya dari kota-kota di Indonesia saja. Ada yang dari Malaysia, Jepang, Kenya, Brunei Darussalam, Irlandia, India, China, Brazil, Singapura, Filipina, dan Australia. 

Nggak disangka juga ada peserta dari Jabodetabek. Keren kan. Para peserta yang berjumlah ribuan itu, akan memulai start dan finish di Candi Prambanan. Udah kebayang dong betapa sejuknya pemandangan alam khas Yogya.

Ada empat kategori yang bisa diikuti peserta lari marathon, yaitu :

  1. Sprint Distance atau 5K
  2. Olympic Distance atau 10K
  3. Half Marathon sepanjang 21 km
  4. Full Marathon sepanjang 42 km

hadiah untuk podium juara - Image by mandirijogjamarathon.com
hadiah untuk podium juara - Image by mandirijogjamarathon.com
Peserta yang meraih podium juara mendapatkan hadiah uang yang...ah mupeng begete dah buat saya sebutin.

Jadi, hanya untuk yang lari aja yang bisa dapat hadiah? Nggak kok. Kamu bisa dapat hadiah juga dengan mengabadikan momen ramainya event MJM2018. Syarat dan ketentuannya bisa cek di Jadi Mandiri

Ngomong-ngomong, kamu tahu apa itu MJM2018? Hem, event Mandiri Jogja Marathon 2018 ini, merupakan event kolaborasi keren dari Bank Mandiri dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Dengan mengusung tema "Berlari setiap kilometernya bersama kearifan budaya Yogyakarta", para pengunjung dan pelari khususnya, tentu akan disuguhkan kearifan budaya lokal khas Yogyakarta. Ini tampak dari rute lintasan yang akan dilalui peserta. 

image by detik.com
image by detik.com
Peserta lari akan melintasi Candi Prambanan Roro Jonggrang, Candi Plaosan, Monumen Taruna, Kawasan Pertanian dan Pedesaan. Sejarah budaya ditambah dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata memandang, bisa menambah #SemangatCiee berlari peserta. Mungkin juga nggak berasa lelahnya, hehehe.
Image by detik.com
Image by detik.com
Lah bagaimana dengan warga sekitar yang ingin beraktivitas? Jangan khawatir. Event MJM2018 melibatkan banyak pihak seperti Pemerintah Kabupaten Sleman, Kepolisian Daerah Yogyakarta. Selain itu dalam sosialisasi dan penyebaran jalur lintasan marathon Bank Mandiri dibantu race organizer agar masyarakat sekitar bisa memilih jalur alternatif lain.

Banyak harapan dari event MJM 2018 ini, sebagaimana dikutip dari laman Tribunnews, diungkapkan oleh Aris Riyanto, selaku Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, ketika press release, bahwa dari ajang tersebut diharapkan kunjungan wisata ke Yogyakarta dan sekitarnya semakin meningkat. Dan juga diharapkan agar para peserta dan pendukung bisa mengetahui tradisi lokal dan kesenian khas Yoogyakarta, karena acara ini melibatkan juga sekolah, sanggar, komunitas seni dan kelompok lainnya.

Image by detik.com
Image by detik.com
Dalam kesempatan yang sama juga, PT TWC yang diwakili oleh Sahala Parlindungan Siahaan selaku Direktur Pemasaran TWC menyampaikan dukungannya untuk event ini. Sebab bisa mendorong pengembangan pariwisata di Indonesia khususnya Yogyakarta.

Maristella Tri Haryanti, Vice President Corporate CommunicationsBank Mandiri menyampaikan bahwa Bank Mandiri bekerja sama dengan hotel, pelaku ekonomi lokal termasuk juga penjual jajanan pasar dan kuliner keratin khas Yogyakarta. Sebanyak lebih dari 8000 pisang lokal telah dibeli dari berbagai penjual di wilayah Yogyakarta untuk dikonsumsi para pelari. 

Semua peserta mendapatkan jaminan perlindungan dari AXA Mandiri, berupa asuransi kecelakaan diri. Eh..eh.., nggak dinyana pula bahwa ajang Mandiri Jogja Marathon2018 ini menjadi Trending Topik nomor 1 loh ... 

Image by akun twitter @fennibungsu
Image by akun twitter @fennibungsu
Keceriaan bukan hanya untuk peserta lari maupun pengunjung saja nih. Ada kepedulian sosial dengan penyaluran bantuan CSR dari Bank Mandiri senilai lebih dari 1 Miliar guna memperbaiki infrastruktur jalan dan sarana umum di Kabupaten Sleman. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolik oleh Maristella kepada Sapto Winarno, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman di Yogyakarta.

Selamat yah buat semua yang sudah #SemangatCiee berlari, dan buat semua pihak yang berpartisipasi. Sampai jumpa di event selanjutnya.