Mohon tunggu...
ABund
ABund Mohon Tunggu... Lainnya - Kesehatan kuci kebahagiaan

sempurnakan hidup dengan keluarga sehat

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Solusi Atasi Ngompol pada Anak

4 Agustus 2021   09:36 Diperbarui: 4 Agustus 2021   09:50 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Salam sehat semuanya di masa pandemi ini kita harus bisa jaga kesehatan, semoga kita semua selalu dalam kondisi yang sehat dan bisa maksimal buat beraktivitas. Jadi aku mau cerita soal anakku yang umur 5 tahun masih suka ngompol, aku berkeluarga udah 10 tahun lebih. 

Jadi anak keduaku ini udah usia 5 tahun masih suka ngompol beda sama kakaknya dulu yang di umur segitu udah gak ngompol. 

Sebenernya aku gak terlalu mempermasalahkan pada awalnya karna akupun juga jarang dirumah ya karena aku kerja juga. Jadi anaku dirumah di asuh sama neneknya jadi aku gak terlalu mahamin tentang kondisi anakku yang satu ini. 

Ya sampe sampe akupun gak sadar kalo anakku ini udah masuk usia 5 tahun, hehe maklum aku cukup sibuk ngurus usaha bareng suami jadi rumah aku percayain sama orang tuaku. Tapi karna masa pandemic gini usaha suamiku jadi cukup terhenti karna imbas dari pandemi. 

Ya lumayan sering  juga aku dirumah karena kerjaan juga bisa di kerjain dari rumah juga. Nah karna kondisi kegini aku malah jadi deket sama anak anakku. Aku jadi lebih sering ngobrol  ngurus anak juga, jadi ibu rumah tangga beneran hehe. Lewat seminggu aku baru nyadar ternyata anakku yang umur 5 tahu ini ngabisin banyak banget pempers. 

Gak cuman pas dia tidur pas dia main pun sama orang tuaku emang udah terbiasa dipakein pempers, ya mau gimana lagi juga orang tuaku udah cape juga dari ngurus anakku yang pertama sampe sekarang juga ngurus anaku yang kedua ini. Jadi mumpung aku ada waktu buat ngurus anak yang kedua ini aku nyoba buat ngerubah kebiasaan anakku yang masih pake pempers. 

Baru sehari aku gak pakein dia pempers udah ngumpol pas dia lagi main, mungkin karna dia juga gak terbiasa buat buang air di kamar mandi. Oke jadi aku ajarin di buat ngomong kalo pengin buang air, dan yang gak aku sangka kalo buat BAB dia malah udah paham dan gak perlu aku ajarin. 

Ya mungkin aja neneknya yang ngajarin dan mungkin aja neneknya udah ngajarin buat buang air kecil di kamar mandi juga cuman karena pemakaian pempers jadi enaknya dia tinggal pipis lewat pempers aja langsung. Sehari aku ajarin juga anaku udah paham gimana caranya kalo buat buang air kecil emang dia responnya cukup cepat dan otaknya cepet juga nangkep perintah gak cuman dari aku dari orang lain juga dia cepet nangkep. 

Oke masalah satu udah selese sekarang muncul lagi pas dia tidur malem, udah aku ajarin sebelum tidur buat pipis dulu dan udah di lakuin tapi lewat dari jam 12 aku kerasa ada yang basah di tempat tidur, ya bener ternyata anaku ini ngompol. Mau aku bangunin juga gak mungkin, kasian juga anakku ini kalo malem malem harus dibangunin. 

Jadi aku biarin dulu sampe pagi aku baru beresin tempat tidurnya. Aku obrolin ini sama neneknya buat nyari solusi. Yang ada solusinya sama cuman disuruh buat pipis sebelum tidur. 

Akhirnya aku nyoba dulu gitu selama 3 hari dan hasilnya pun Kasur basah terus selama tiga hari, gak ada perubahan sama sekali malah tambah parah kalo sebelum dia tidur main dulu sama kakaknya, maklum anakku aktif banget jadi susah disuruh diem. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun