Mohon tunggu...
Fena Lesmana
Fena Lesmana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Untung dan Rugi Bisnis UMKM

22 Juni 2022   21:50 Diperbarui: 22 Juni 2022   21:51 163 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dalam berbisnis apalagi di bidang UMKM dapat memberikan keuntungan besar, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu UMKM. Dalam berbisnis pasti mendapatkan keuntungan ataupun kerugian, sehingga kita harus bisa mengelola bisnis tersebut dengan sangat baik. Dalam hal keuntungan di bisnis UMKM ini terdapat beberapa kelebihan misalnya jika bersanding dengan usaha skala besar UMKM dapat memaksimalkan keuntungan yang cukup besar dengan menggeluti bisnis ini, antara lain cepat beradaptasi atau UMKM mempunyai kesempatan dalam mengeksekusi ide yang baru serta unik. Hal ini tentu karena cara operasionalnya tak serumit perusahaan – perusahaan besar.

Hanya dengan menemukan ide baru yang bagus bisnis ini akan makin segar atau maju. Selain itu ada juga keuntungan lain dalam berbisnis UMKM ini yaitu focus pada satu bidang usaha, misalnya dalam bidang minuman ataupun makanan kita hanya akan focus terhadap apa yang kita geluti dalam bisnis tersebut. Adapun keuntungan lainnya yaitu kita mudah untuk memulai bisnisnya, tanpa harus mengeluarkan modal yang sangat besar kita bisa memulai bisnis UMKM ini, dengan modal seadannya kita bisa membuka bisnis yang da pat menguntungkan.

Adapun beberapa kekurangan dalam berbisnis UMKM sendiri karena dalam berbisnis tidak akan untung saja pasti akan pernah mengalami kerugian, misalnya dalam biaya operasional yang terbatas atau dengan kita memiliki modal awal yang kecil, bisnis kita akan banyak mempengaruh terhadap biaya operasional ini apabila kita tidak pandai dalam mengelola keuangannya, maka kita akan gagal dalam mengembangkan bisnis tersebut. Kerugian lagi taitu dalam tenaga ahli.

Terdapat beberapa alasan mengapa bisnis UMKM dapat mnengalami kerugian. Misalnya teledor akan permodalan, persoalan ini bias menjdaikan jebakan yang merugikan untuk kelangsungan bisnis. Meski bisnis yang dijalankan sekedar hanya level usaha menengah, akan sangat membantu jika anda mengerti dan memamhami tentang arus permodalan. Selain teledor dalam permodalan ada juga alasan mengapa bisnis UMKM dapat mengalami kerugian. Enggan memahami tahapan bisnis misalnya yang kerapkali semangat membuat pelaku bisnis lupa dan tidak mau memahami tahapan bisnis. Layaknya makhluk hidup, bisnis juga memiliki tahapan tumbuh kembang. Dimulai dari pertumbuhan, penentuan strategi sampai penghantaran produk atau jasa.

Memiliki bisnis UMKM juga dapat dimulai dengan usaha seperti handmade, usaha minuman dan masih banyak yang lainnya. Misalnya, dalam usaha minuman kita harus bisa melihat seperti apa hal yang harus kita mulai untuk berbisnis di bidang minuman ini. Kita bisa memulai dengan mempelajari ilmu – ilmu awal dalam berbisnis UMKM ini sendiri. Dalam hal modal, kita harus melihat modal awal kita ada berapa apakah cukup untuk kedepannya, karena kedepannya sendiri kita belum tahu apakah bisnis yang kita geluti ini akan menghasilkan keuntungan atau mengalami kerugian, meskipun niat awalnya pasti ingin mendapatkan keuntungan, tapi kita juga belum tahu apakah usaha kita ini akan berjalan seperti apa kedepannya.

Selain dalam hal modal, bisnis UMKM ini juga harus melihat apakah kita mempunyai saingan dalam produk yang kita jual. Dengan bersaing secara sehat kita harus memikirkan strategi apa yang harus kita pilih agar usaha kita seperti apa dan maju. Misalnya saya memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam bidang minuman. Saya harus memiliki strategi agar usaha saya berkembang dan tidak mengalami kerugian. Salah satunya dengan banyaknya permintaan pasar tentang minuman yang kekinian menjadikan ide usaha terbaik untuk saya geluti. Saat ini banyak pelku usaha kecil menengah yang terjun dalam bisnis minuman ini. Dengan modal yang tidak terlalu besar serta cocok untuk saya jalankan sebagai pemula saya dapat melakukan usaha ini meskipun jenis usaha ini memiliki pesaing yang cukup ketat. Masalahnya banyak pelaku usaha (UMKM) yang terjun kedalam bisnis usaha yang menggiurkan ini. Cara yang dapat saya lakukan agar bersaing dengan pelaku usaha lainnya, maka penawaran produk yang inovativ harus menjadi keunggulan usaha saya.

Dalam berbisnis minuman yang saya geluti ini pasti akan mengalami keuntungan dan kerugian dalam menjalankannya, salah satu yang dilakukan oleh pebisnis usaha minuman kekinian adalah hanya fokus pada satu minuman saja yang memang sedang hits. Seharusnya para pebisnis dapat bmembuat side menu sebagai variasi produk hal ini sangat berguna jika suatu saat produk yang kita jual sudah kehilangan pasarnya, side menu yang dapat bkita sajikan menjadi produk substitusi. Bahkan seorang pebisnis dapat membangun trendset melalui side menu, misalnya ketika kita menjual susu gula aren kita dapat menjual varian minuman baru yang lebih kreativ dan inovatif.

Salah satu yang perlu kita perhatikan dalam membangun sebuah bisnis salah satunya dalam bisnis minuman adalah kita dapat membuat produk komplementer seperti produk yang posisinya saling melengkapi, contohnya membuat makanan ringan yang dapat di bawa pulang seperti roti lapis, hasbrown, mased potatos, biscuit, atau bahkan merchandice. Hal lain juga yang dapat menjadi kesalahan umum seorang pembisnis minuman yaitu mereka terlalu focus pada trend dan tidak melihat peluang-peluang lain, salah satunya adalah memperhatikan komunitas tertentu. 

Saat ini bisnis bukan hanya menjadi persaingan, namun juga menjadi engagement dan kolaborasi. Misalnya, seperti komunitas sesama pebisnis minuman untuk saling berbagi mengenai branding kita juga dapat memperhatikan komunitas lingkungan dengan membuat kemasan minuman yang ramah lingkungan dan juga berbahan organik. Komunitas juga dapat membangun bisnis kita dengan melibatkan bisnis kita dalam sebuah event event.

Di era seperti sekarang ini kita di wajibkan sebagai pebisnis agar beradaptasi dengan teknologi dan mengelola usaha kita secara digital untuk memantau perkembangan bisnis kita. Seperti berinteraksi dengan konsumen mealui media social memanfaatkan pemasaran internet seperti iklan, yang dapat terintegrasi dengan pembyaran dan keuangan kita salah satunya dengan mempunyai aplikasi pencatat keuangan digital kita dapat memantau laba rugi membuat faktor penjualan dan juga memantau transaksi bisnis kita.

Kunci sukses sebuah bisnis adalah konsisten meskipun bisnis minuman cenderung termasuk sebuah bisnis momentum, konsistensi adalah hal utama dan tentunya jangan terlalu mengikuti arus trend yang ada. Jika kita berinovasi dan mempertahankan produk kita saat ini bisnis yang kita geluti saat ini sejatinya hanya dapat bertahan sebentar maka akan tetap bertahan lama. Misalnya, ada beberapa gerai minuman yang sempat popular di beberapa taun belakangan ini. Namun, tetap berjaya hingga saat ini . karena, mereka terus berinovasi dengan kemasan, varian rasa, toping, dan sedikit mengadopsi trend masa kini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan