Mohon tunggu...
Femiliani Dewi
Femiliani Dewi Mohon Tunggu... KKN DESA JENGGOLO

KKN Desa Jenggolo

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN UM Bagikan 250 Hand Sanitizer di Desa Jenggolo, Kepanjen, Malang

5 Juli 2020   11:25 Diperbarui: 5 Juli 2020   11:23 19 0 0 Mohon Tunggu...

dokpri
dokpri
Dunia sedang dihebohkan dengan wabah penyakit yang penularannya begitu cepat. Wabah tersebut adalah COVID-19 atau Corona Virus. Covid-19 sudah menyebar di beberapa negara di dunia salah satunya Indonesia. Kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia terus mengalami peningkatan hingga saat ini. Hal ini membuktikan bahwa peristiwa pandemi yang juga melanda Indonesia ini tidak dapat diremehkan keberadaannya. Kesehatan selalu menjadi prioritas nomor satu, ditambah dengan adanya peristiwa pandemi ini pernyataan tersebut memang harus diberlakukan. Karena adanya COVID-19, semua kegiatan terhambat baik kegiatan bekerja, beribadah, maupun belajar dihimbau tetap dirumah saja.

Salah satu upaya pemerintah agar memutus rantai COVID-19 yaitu dengan cara Physical Distancing. Tetapi akan lebih baik lagi apabila didukung dengan beberapa cara juga seperti menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah, menggunakan Hand Sanitizer dan mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Adanya pandemi COVID-19 mengakibatkan kebutuhan Hand Sanitizer meningkat bahkan sempat mengalami kelangkaan.

Kebutuhan yang semakin meningkat namun ketersediaan barang sangat terbatas menyebabkan ketidakmerataan penggunaan Hand Sanitizer. Tidak semua masyarakat menggunakan Hand Sanitizer  untuk mengantisipasi penularan virus COVID-19 ini.  Kami para mahasiswa memiliki peran aktif tentunya dalam pencegahan COVID-19, karena itu Kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) Desa Jenggolo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang memutuskan untuk melakukan salah satu program kerja yaitu membagikan Hand Sanitizer  kepada warga Desa Jenggolo. 

Pada program kerja ini kelompok KKN Desa Jenggolo menyediakan 250 botol Hand Sanitizer yang dibagikan secara merata pada warga desa. Upaya kami ini untuk membantu warga yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan Hand Sanitizer, dengan harapan bantuan kami ini dapat membantu masyarakat  khususnya warga desa Jenggolo, dapat menerapkan pola hidup yang lebih sehat lagi.

Proses dari pengerjaan program kerja ini berlangsung selama empat hari. Pembuatan Hand Sanitizer berlangsung selama tiga hari yang menghasilkan 250 botol dengan isi 100 ml per botolnya. Sembari menunggu proses pembuatan Hand Sanitizer selesai, maka dilakukan pembuatan stiker logo KKN Desa Jenggolo untuk ditempelkan pada botol Hand Sanitizer . Pada hari keempat stiker ditempelkan pada semua botol Hand Sanitizer setelah itu dimasukkan ke dalam kardus dengan rapi untuk dibagikan kepada warga desa.

Penyerahan Hand Sanitizer kepada Kepala Desa Jenggolo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang dilakukan pada hari Minggu, 14 Juni 2020 oleh beberapa anggota kelompok KKN Desa Jenggolo bersama dengan pembagian masker. Pembagian Hand Sanitizer yang dilakukan oleh kelompok KKN Desa Jenggolo dilakukan dengan mematuhi aturan yang telah dibuat oleh panitia KKN serta sesuai dengan protokol kesehatan selama masa COVID-19.  

Pembagian Hand Sanitizer dan Masker dilakukan bersamaan dengan adanya pembagian Bantuan Sosial Tunai di Balai Desa Jenggolo, Kepanjen. Dengan adanya pembagian Hand Sanitizer untuk warga desa secara merata, diharapkan warga desa dapat lebih menjaga kebersihan dan kesehatan pada saat seperti ini salah satunya dengan menggunakan Hand Sanitizer untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Seperti yang kita ketahui bersama  saat ini keadaan telah new normal tetapi bukan berarti kita melupakan kebiasaan hidup bersih seperti physical distancing saat dikeramaian, memakai masker setiap keluar rumah, selalu bawa Hand Sanitizer dan cuci tangan setelah bepergian.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x