Pada masa pandemic seperti yang  kita rasakan saat ini kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan dimana para guru dan murid melakukan proses belajar dari rumah (BDR), hal ini awalnya menjadi sulit untuk dilakukan karena belum dapatnya tenaga pengajar atau guru dan siswa karena belum dapat beradpatasi dengan pembelajaran yang menggunakan media elektronik yang sebelumnya proses pembelajaran itu dilaksanakan secara langsung atau tatap muka.
Minat belajar merupakan aspek mental yang signifikan dalam proses pembelajaran namun masih menjadi persoalan walaupun menggunakan media teknologi secara daring. Pandemi covid-19 telah menjadi persoalan yang mengganggu proses pembelajaran sehingga guru harus melaksanakan pembelajaran secara online. Pembelajaran secara online atau daring  dapat menjadi media dalam proses pembelajaran yang hemat waktu dan biaya.
sistem belajar daring memanfaatkan kemajuan teknologi tetapi belum dapat meningkatkan minat belajar siswa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  serta perubahan masyarakat yang sangat cepat, mengaharuskan pendidik untuk selalu  mengikuti kemajuan dan perkembangan baru dalam bidang keahliannya terutama di saat pandemic covid-19 yang melanda di seluruh dunia yang mengharuskan segala kegiatan masyarakat dilakukan dari rumah, termasuk didalamnya yaitu kegiatan belajar mengajar  di sekolah yang juga harus dilakukan dari rumah saja (daring). Dengan demikian, tugas dan tantangan sebagai pendidik semakin bertambah di karenakan minat siswa yang menurun selama covid-19 ini.
apa itu minat belajar?
Definisi Minat Belajar Siswa Menurut Para Ahli -Menurut Kartono (1995), minat merupakan moment-moment dari kecenderungan jiwa yang terarah secara intensif kepada suatu obyek yang dianggap paling efektif (perasaan, emosional) yang didalamnya terdapat elemen-elemen efektif (emosi) yang kuat. Minat juga berkaitan dengan kepribadian. Jadi pada minat terdapat unsur-unsur pengenalan (kognitif), emosi (afektif), dan kemampuan (konatif) untuk mencapai suatu objek, seseorang suatu soal atau suatu situasi yang bersangkutan dengan diri pribadi (Buchori, 1985).
Minat diartikan sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan-keinginan dalam diri untuk melakukan sesuatu yang dapat membuat seeorang tertarik atau senang. Minat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran.Minat dapat menjadi sebab sesuatu kegiatan dan sebagai hasil dari keikutsertaan dalam suatu kegiatan. Karena itu minat belajar adalah kecenderungan hati untuk belajar untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, kecakapan melalui usaha, pengajaran atau pengalaman (Hardjana, 1994).
minat belajar adalah kecenderungan yang mengarahkan siswa terhadap bidang-bidang yang ia sukai dan tekuni tanpa adanya keterpaksaan dari siapapun untuk meningkatkan kualitasnya dalam hal pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap, minat, apresiasi, logika berpikir, komunikasi, dan kreativit
faktor yang mempengeruhi  minat belajarÂ
Beberapa faktor yang mempengaruhi minat belajar antara lain yaitu:
1. jaringan  internetÂ
Penggunaan internet sebagai sumber informasi yang paling dominan dalam menemukan informasi saat ini tidak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin pesat di era informasi seperti saat ini. Akan tetapi tidak semua daerah memiliki koneksi internet yang baik. Banyak siswa dan guru yang mengalami kesulitan mengakses internet dan melakukan proses pembelajaran saat akan melakukan proses pembelajaran yang akibatnya siswa kurang mendapatkan informasi terkait perkembangan pembelajaran.