Mohon tunggu...
Felinonsiana Ira
Felinonsiana Ira Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Ditulis Guna Untuk Memenuhi Tugas Akhir Semester

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Game Online terhadap Tumbuh Kembang Anak

26 Juli 2021   22:20 Diperbarui: 26 Juli 2021   22:45 392
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PSIKOLOGI BERMAIN EU101


PENGARUH  GAME ONLINE TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK

Ditulis Guna Untuk Memenuhi Tugas Akhir Semester
Oleh :
Felinonsiana Ira (20190701177)
 
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS ESA UNGGUL CITRA RAYA
TANGERANG

Bermain merupakan salah satu unsur penting untuk perkembangan fisik, emosi, mental, intelektual, kreativitas, dan sosial seorang anak. Permainan adalah hal yang paling penting diminati pada masa perkembangan anak.

Bermain menurut Piaget ( 1951) merupakan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang demi kesenangan. Menurut pendapat Elizabeth Hurlock (1987) Bermain merupakan setiap kegiatan yang dilakukan dengan kesenangan tanpa memikirkan hasil akhir. Dalam term psikologi, didefenisikan oleh Joan Freeman dan Utami Munandar (1991) bahwa bermain suatu aktifitas yang membantu anak untuk mencapai perkembangan yang utuh baik segi fisik, moral, intelektual sosial dan emosional.

Game online adalah game yang berbasis elektronik dan visual yang menggunakan jaringan internet. Game ini dapat dijumpai di Rumah, Warung internet, dan Gedget, serta menggunakan jaringan internet, sehingga mempunyai perbedaan besar dengan game lain yaitu pemain bukan hanya bermain dengan orang yang ada di sebelahnya, melainkan juga dapat bermain di lokasi lain.

Game online adalah permainan dalam suatu jaringan baik Local Area Network ( LAN ) maupun internet, Dimainkan secara bersamaan oleh banyak orang di tempat terpisah. Permainan ini merupakan bentuk teknologi yang mudah diakses melalui berbagai macam gedget, jenisnya cukup beragam, mulai dari tipe action, sport, ataupun role playing game.

Pada jurnal lain seperti jurnal  ( Nur Kumala Dewi & Arman Syah Putra ) menjelaskan bahwa ada kelebihan dan kekurangan  dari bermain game online yaitu:
Kelebihan dari game online adalah menjauhkan dari stres, bisa menjadi atlet E-Sport, dan melatih kesimbangan otak. Untuk kekurangannya adalah kecanduan game online, lupa akan semua kegiatan, lalai akan tanggung jawab, dan sakit akan jiwanya.

Dengan adanya game online ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, jika anak memainkan pemainannya secara berulang-ulang atau bisa dibilang kecanduan bermain game online dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak seperti:

•Masalah sosialisasi. Anak banyak menghabiskan waktu bermain dengan gedgetnya bukan dengan manusia. Dengan itu anak akan merasa canggung dan kurang nyaman dalam bergaul dengan temannya.
•Masalah komunikasi. Anak yang kurang bersosialisasi akan sulit berkomunikasi baik berbicara maupun mendengarkan kalimat yang terucap, dan sulit membaca ekspresi lawan bicara.
•Kurangnya rasa empati. Anak yang serimg menyukai game yang melibatkan kekerasan dapat terpicunya agresivitas dan berkurangnya rasa emepati terhadap orang lain.
•Tidak mampu mengendalikan diri. Anak yang sering bermain game online akan merasa senang saat bermain dan kehilangan rasa senang katika berhenti bermain. untuk mengatasinya mereka lebih banyak bermain game lagi supaya mereka tetap senang.
•Gangguan motorik. Tubuh yang kurang aktif bergerak dan kurang kesempatan melatih kemampuan motorik. Resikonya anak menjadi obesitas dan tinggi badan tidak maksimal seperti anak biasanya.
•Gangguan kesehatan. Menatap layar video secara konstan dalam waktu lama dapat mencetuskan nyeri kepala, nyeri leher, gangguan tidur, dan gangguan penglihatan.

Untuk mengatasi masalah yang mempengaruhi tumbuh kembang anak orang tua dapat mendorong anak untuk mengikuti kegiatan sosial, untuk mendukung hobi positif anak, membatasi dan menjadwalkan waktu bermain game online dengan pengawasan,  menggunakan aplikasi pada gedget atau fasilitas operator penyedia jaringan internet untuk membatasi akses game online, dan menyediakan waktu untuk berkomunikasi secara terbuka untuk mencari solusi atas masalah yang dialami anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun