Mohon tunggu...
Felicia Karyn Lianto
Felicia Karyn Lianto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Saya menyukai fotografi, musik, dan olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

27 Oktober 2022   22:36 Diperbarui: 27 Oktober 2022   22:37 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum ikut melaksanakan Geladi Hominisasi, saya mengerjakan tugas pra-geladi yang terdiri dari 2 tugas antara lain memilih syair dari lagu "Indonesia Raya" 3 stanza, dan memberikan pendapat mengenai salah satu video singkat mengenai Suku Baduy yang berjudul "Distrik: Buah Manis Jaga Kekayaan Leluhur Suku Baduy". Pengumpulan saya lakukan H-2 sebelum geladi. Pada tanggal 23 Oktober 2022, saya mengikuti Geladi Hominisasi. Selama geladi ini berlangsung, saya duduk dengan sikap yang baik, menyalakan kamera, dan berpakaian dengan rapi. Mulai dari penjelasan mengenai tanggal-tanggal pokok dari kemerdekaan Indonesia, bermain games sejarah, hingga melakukan presentasi dengan teman-teman baru. Walaupun beberapa kali saya sempat mengalami kendala internet karena cuaca yang buruk, saya bersyukur karena masih dapat mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi hingga selesai.

Geladi Hominisasi ini membantu saya untuk dapat lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain maupun ketika menyajikan suatu presentasi di depan banyak orang. Selain itu, dari mengikuti games tentang sejarah pengetahuan umum Indonesia, saya juga disadarkan untuk dapat lebih peduli dan mengenal tentang budaya Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, diperlukan kemampuan logika dan bahasa agar dapat berkomunikasi dengan sesama. Apabila tidak terdapat logika dan bahasa, antar warga negara akan terus mengalami perselisihan karena tidak dapat saling menghargai dan mengerti satu sama lain. Dapat dikatakan bahwa, logika dan bahasa membantu warga negara Indonesia yang memiliki banyak sekali perbedaan untuk menjaga kesatuan Indonesia.

Banyak sekali manfaat yang saya terima setelah mengikuti Geladi Hominisasi ini, antara lain dapat bersosialisasi dengan orang-orang baru dari jurusan lain, berpikir dengan kreatif untuk menyampaikan jenis presentasi yang menarik, percaya diri, pengetahuan baru, dan masih banyak lagi. Manfaat-manfaat ini tentunya akan membantu saya untuk perkuliahan kedepannya. Menurut saya, manfaat yang akan paling berguna selama masa perkuliahan saya adalah pola pikir kreatif dalam menyampaikan suatu presentasi dan kepercayaan diri saya dalam menyampaikan pendapat saya kedepan banyak orang.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun