Mohon tunggu...
Felia Siska
Felia Siska Mohon Tunggu... Dosen - Mahasiswa sedang berjuang tuk Doktor

Saya suka membaca biografi orang-orang sukses, memasak, dan healing terbaik versi saya adalah menulis apa saja yang terfikirkan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bandung Punya Pagar Ramah Lingkungan

28 Juli 2022   10:14 Diperbarui: 28 Juli 2022   10:21 67 9 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bicara tentang kota Bandung akan diingat sebagai  kota sejuta keindahan alam, pusat wisata, pusat pendidikan, pusat perbelanjaan, kota dingin yang damai dan sederet penamaan lainnya membuat penghuninya semakin bersyukur.

Namun ada yang tak kala menarik bagi saya ketika mengunjungi dan tinggal beberapa waktu di kota ini yakni pagar rumah warga yang super unik, indah dan yang pasti ramah lingkungan. Sebagian besar rumah-rumah masyarakat disini menggunakan pagar dari tanaman yang dibentuk untuk membatas rumah. Jenis pagar ini bisa dijadikan referensi oleh daerah lain, bisa menjaga keindahan dan ramah lingkungan. 

Saya teringat masa kecil saya di kampung halaman, pada masa itu, rumah nenek kami juga membuat pagar rumah dari tanaman atau bunga yang dijejer, secara berkala dipangkas dan dibentuk menyerupai pagar. Namun saat ini sangat jarang ditemui pasar-pagar tersebut di kampung. Masyarakat sepertinya lebih cenderung kepada hal-hal yang praktis.

Semoga Bandung tetap mempertahankan bentuk pagarnya, tidak termakan oleh perubahan zaman yang berfikir hedonis. Selalu mencintai alam dengan berpagar tanaman. Aamiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan