Mohon tunggu...
Felda Aurellia Anandani
Felda Aurellia Anandani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Komunikasi - FISIP - Universitas Diponegoro

this too shall pass

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Hoax Dapat Membunuh! Mahasiswa KKN Tim II Undip Beri Edukasi kepada Warga

31 Juli 2021   14:30 Diperbarui: 31 Juli 2021   16:49 53 0 0 Mohon Tunggu...

SEMARANG - Mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan sosialisasi kepada warga RT 01/RW 01 Kelurahan Bendan Duwur tentang "Pemahaman Berita Hoax" pada Selasa (27/7). Sosialisasi dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs) yang merujuk pada Quality Education atau Pendidikan Berkualitas ini dilaksanakan secara online.

Hingga saat ini pandemi masih menjadi persoalan masyarakat di seluruh dunia khususnya Indonesia. Terlebih adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat masyarakat menjadi semakin resah dan muncul masalah baru dalam bidang perekonomian. Dengan adanya pandemi tersebut, sangat disayangkan jika terdapat berita bohong atau biasa disebut berita hoax terkait Covid-19 yang mana akan membuat kebingungan masyarakat, memecah belah antar masyarakat bahkan muncul ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Maka dari itu, untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswa KKN memberikan edukasi kepada warga RT 01/RW 01 Kelurahan Bendan Duwur untuk dapat memahami berita secara bijak. Edukasi tersebut dilakukan secara online dengan membagikan e-booklet yang berisi pengertian hoax, tujuan dari hoax, muncul dan berkembangnya berita hoax di Indonesia, bagaimana pencegahannya, dan lainnya. E-booklet tersebut diberikan kepada warga melalui grup whatsapp.

Saat memberikan e-booklet tersebut, mahasiswa KKN Undip, Felda Aurellia memperingatkan kepada warga untuk berhati-hati dalam menerima sebuah informasi atau berita. "Jangan terlalu cepat mempercayai apa yang Anda dengar, karena kebohongan selalu menyebar lebih cepat dari kebenaran," ujarnya. Sosialisasi tersebut kemudian disambut baik oleh para warga RT 01/RW 01 Kelurahan Bendan Duwur dan tidak sedikit juga yang mengucapkan terima kasih.

Dalam hal ini, berita hoax tentu dapat berdampak bahaya di masa pandemi dan menjadi salah satu gangguan proses penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan warga RT 01/RW 01 Kelurahan Bendan Duwur dapat menjadi paham bagaimana sikap dalam menerima sebuah informasi, terlebih jika informasi tersebut disebar. Selain itu juga dapat terbentuk masyarakat yang cerdas dan bijak yang tidak mudah termakan oleh berita bohong atau hoax

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN