Mohon tunggu...
Fedrico Tysen
Fedrico Tysen Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIB

...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Generasi Berencana Dalam Lingkungan Sekolah

22 Mei 2022   01:00 Diperbarui: 22 Mei 2022   01:05 40 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sekolah merupakan tempat bagi siswa/siswi untuk memperoleh wawasan dan pengalaman, namun ada banyak hal atau rintangan yang perlu dihadapi siswa/siswi untuk siap menerima ilmu dan menghadapi pengalaman tersebut, seperti kesulitan dalam menemukan jati diri, kebimbangan dalam memilih karir atau jurusan, serta kurangnya kesadaran akan pentingnya ilmu yang diberikan dari sekolah. Untuk menghilangkan permasalahan tersebut, diperlukan penyuluhan atau dorongan untuk meningkatkan optimisme pada siswa/siswi yang menjadi sebuah peran bagi Generasi Berencana untuk menghasilkan generasi muda yang berkualitas dalam pendidikan hingga karir.

Generasi Berencana memiliki peran untuk menghasilkan generasi muda yang berpikiran matang dalam menghadapi masa yang akan datang baik di lingkungan pendidikan, sosial, tujuan karir maupun keluarga. Dalam lingkungan sekolah, Generasi Berencana dapat memberikan peran untuk menghasilkan siswa/siswi yang berjiwa pancasila, berpikir kreatif, memiliki sifat yang optimis dan siap menerima ilmu dan tantangan. Ada beberapa kegiatan yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah untuk meningkatkan kualitas siswa/siswi seperti mengadakan penyuluhan atau webinar yang bertujuan untuk membantu menjawab permasalahan yang ada pada setiap siswa/siswi, dan kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan moral dan kreativitas pada siswa/siswi.

Kegiatan dan penyuluhan apa yang dapat diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas siswa/siswi di lingkungan sekolah, dalam hal ini kami diberikan kesempatan untuk mengadakan kegiatan di salah satu sekolah menengah pertama di Batam yaitu SMPN 12 BATAM. Di sekolah tersebut, kami menyelenggarakan penyuluhan seperti kegiatan webinar yang bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan setiap siswa/siswi serupa memberikan bimbingan dan edukasi dalam menentukan karir dan meningkatkan rasa percaya diri pada siswa/siswi tersebut. Adapun kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan untuk meningkatkan kreativitas siswa/siswi adalah pemanfaatan limbah laut, melalui kegiatan tersebut siswa/siswi didorong untuk berkarya dan menyadari potensi yang dapat dihasilkan laut, dimana hal tersebut menjadi dorongan bagi siswa/siswi untuk berpikir kreatif dalam memanfaatkan peluang yang telah diberikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan