Mohon tunggu...
Febryna
Febryna Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Lawan Thantophobia

6 Desember 2018   16:11 Diperbarui: 6 Desember 2018   16:28 646
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Phobia adalah ketakutan seseorang terhadap suatu benda, wilayah, atau bahkan peristiwa. Dan ada banyak jenis phobia yang di alami oleh masing-masing individu. Salah satunya ialah Thantophobia, sebelumnya pasti beberapa dari kalian sudah ada yang mengetahui apa itu thantophobia dan mungkin beberapa ada juga yang belum mengetahui. 

Thantophobia adalah ketakutan yang muncul dari dalam diri kita akan kehilangan seseorang yang kita cinta. Contohnya: orang tua, keluarga, sahabat, atau bahkan kekasih. 

Thantophobia sendiri pun secara tidak langsung ada di dalam diri saya, kalau menurut beberapa artikel yang saya baca mengenai thantophobia hal ini disebabkan karena penyakit psikis yang dialami seseorang karena masa lalunya. Dan saya merasakan bahwa saya mengidap thantophobia setelah meninggalnya papa saya. Yaaa, papa saya adalah sosok laki-laki pertama dan terakhir yang menjadi cinta sejati saya. 

Jika ada kata-kata lebih dari kehilangan itulah yang saya rasakan. Dan setelah kejadian meninggalnya papa saya menjadi perempuan yang sulit untuk membuka hati kepada laki-laki yang ingin menjadi kekasih saya. 

Karena saya selalu ketakutan kalau sewaktu-waktu saya harus kehilangan lelaki itu, berpisah tetapi masih masih bisa meilhat wajahnya, berkomunikasi, hingga saling menyapa pun terasa sakit. Bagaimana dengan yang kehilangan dan dipisahkan oleh maut.

Dan terkadang saat ini pun saya masih sering merasakan thantophobia tersebut, namun saya mencoba merubah semuanya secara perlahan. Bahwa rasa takut itu harus dilawan! 

Rasa takut adalah hal yang sangat wajar yang dialami setiap manusia tetapi bukan berarti kita sebagai manusia kalah dengan rasa takut yang kita alami dan larut terlalu dalam dengan ketakutan tersebut. Walaupun secara perlahan tapi lawanlah rasa takutmu dan jadilah pribadi yang lebih kuat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun