Febrihada Gahas
Febrihada Gahas Pengajar/Lecture

LECTURER

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Raih Hasil Positif Liverpool Turunkan Manchester United dari "Runner Up"

5 Maret 2018   12:52 Diperbarui: 5 Maret 2018   12:57 721 0 0

Kemenangan lima kali beruntun dari enam pertandingan semua ajang baik priemer ligue maupun champion leaguae, menambahkan kepercayaan diri para pemain Liverpool. Terakhir Liverpool mengalahkan Westham united dengan skor 4-1 pada pekan 28 primer league. Henderson dkk, kembali memetik kemenangan pada pekan 29 kala menjamu Newcastle United di Anflied stadium.

Minggu, 4/3/2018, secara statistik tim tuan rumah menguasai pertandingan dengan ball possetion 70 berbanding 30 atas Newcstle. Liverpool lebih banyak menciptakan shot on target sebanyak 3 kali sedangkan Newcastle 2 kali. Peluang gol Liverpool sebanyak 6 kali dan Newcastle sebanyak 4 kali. 

Babak pertama baru berjalan lima menit, Liverpool berhasil membuat peluang gol, Sadio Mane gagal memanfaatkan umpan dari Alexander Arnolt. Pemain belakang lawan berhasil merebut bola. Pada menit 11 giliran Muhammad Salah yang mendapatkan peluang emas setelah mendapatkan umpan dari Andrew Robertson, namun tendangan Salah di blok Paul dumet pemain Newcastle United. Peluang kembali di dapatkan Muhammad Salah, berhasil mengecoh dua pemain lawan, tendangan Salah masih berarah ke samping gawang Martin Dubravka.   

Liverpool terus menekan tim tamu, dua kali sundulan pemain belakang Liverpool Dejan Lovren belum mampu merobek jala gawang Newcastle United. dua kali upaya Lovren digagalkan penjaga gawang  Dubravka dan Mikel Merino.

Liverpool berhasil unggul pada menit 40.  Gol tuan rumah, tercipta setelah Oxlade Chamberlain merebut bola ditengah lapangan kemudian melakukan penetrasi ke area kotak pinalti Newcaslte United. Dengan cermat eks pemain Arsenal tersebut melihat temanya Muhammad Salah berdiri bebas dan mengirmkan bola pada Salah yang berdiri di sisi kanan. Dengan tenang, Salah melanjutkan umpan Chamberlain, melepaskan tendangan ke gawang Martin Dubravka. Liverpool unggul 1-0.

Di pengunjung babak pertama, pemain Newcaslte United hampir menyamakan kedudukan. Sepekan Muhammed Diame yang mengarah ke pojok kanan atas gawang, berhasil ditepis Lloris Karius. Sampai turun jeda Liverpool masih unggul satu gol.

Memasuki babak  ke dua. Tim tuan rumah terus menggedor pertahanan lawan, hasilnya saat menit 52 tendangan Muhammad Salah mengenai tangan tim lawan Jamall Lacelles di area kotak penalti. Para pemain Liverpool protes keras kepada wasit. Tetapi protes permintaan pinalti dari para pemain Liverpool tidak digubris oleh wasit.

Berselang tiga menit, stiker andalan liverpool Sadio Mane, menggandakan keunggulan, skor pun berubah menjadi 2-0.  Gol Sadio mane, dibangun dari lapangan tengah. Dimulai berbagai operan, kemudian bola digiring oleh Roberto Firmino dan diberikan ke Sadio Mane yang berada di area kotak pinalti, meski stiker Sadio Mane dikawal ketat pemain belakang Newcastle, namun dengan kelincahanya, Mane berhasil menjebol gawang yang dijaga Martin Dubravka. 

Unggul 2-0, Liverpool melakukan berbagai upaya serangan untuk menambah keunggulan. Namun, tidak tercipta peluang gol. Malahan, sebaliknya tim tamu yang mengancam gawang Liverpool. Berawal dari tendangan sudut Newcastle hampir memperkecil ketertinggalan. Sayangnya, sundulan kepala Hayden masih menyamping ke gawang Lloris Karius.

Liverpool kembali membuat peluang emas di masa injury time usainya pertandingan. Muhammad Salah gagal mencetak gol setelah terjatuh ketika berduel dengan Lascelles di area pinalti lawan. Seluruh pemain dan official tim Liverpool mengklaim bahwa seharusnya terjadi penalti. Akan tetapi wasit menolak, tidak sependapat dengan seluruh pemain dan official tim tuan rumah. Babak kedua berakhir, pertandingan pun usai, Liverpool menang 2-0 atas Newcastle United. 

Akibat dari kekalahan tersebut tim asuhan Rafael Benitez gagal mendapatkan point tambahan untuk bisa keluar dari zona degradasi. Saat ini Newcastle United masih berada di posisi 16 klasemen sementera dengan torehan 29 point dari 29 pertandingan. Sedangkan tim tuan rumah mendapatkan tambahan tiga point.

Berkat kemengan tersebut, Liverpool berhasil menurunkan Mancherster United  di posisi Runner up klasemen sementara Primer League,  tim asuhan Jurgen Kloop mengoleksi 60 point dari 29 pertandingan. Berada dibawah pemuncak klasemen Manchester City.  Untuk Manchester United harus rela turun ke posisi tiga klasemen sementara dengan 59 poin dari 28 pertandingan, kalah satu point dengan Liverpool.