Mohon tunggu...
fajar dwinugroho
fajar dwinugroho Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

pembelajar masa silam untuk masa depan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Persinggungan Budaya dan Perubahan di Masyarakat

19 September 2021   05:41 Diperbarui: 19 September 2021   06:20 48 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Persinggungan Budaya dan Perubahan di Masyarakat
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Perubahan di masyarakat selalu banyak faktor yang menjadi penyebabnya, tidak selalu satu faktor namun juga kadang ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. masyarakat selalu merumuskan sesuatu hal yang terjadi dengan mengikuti perkembangan yang ada. rumusan itu dapat dianalisis kemudian dijelaskan apakah rumusan itu merupakan asli dari masyarakat tersebut atau apakah sudah menerima pengaruh dari luar.

Pengaruh dari luar terutama budaya merupakan sesuatu yang sangat kuat yang bisa menimbulkan perubahan di masyarakat. namun terkadang pengaruh dari luar tersebut juga sulit untuk diterima oleh masyarakat terkadang perlu pemaksaan kepada masyarakat agar mau menerima. budaya sendiri memiliki pengaruh yang sangat besar dan terkadang budaya dari luar bisa merubah masyarakat secara menyeluruh. walaupun terkadang budaya dari luar banyak yang bertentangan dengan budaya asli sebelumnya, masyarakat lambat laun pasti akan beradaptasi dan terbiasa dengan budaya baru. 

Sebagai contoh dulu ketika masa kerajaan kasta dalam masyarakat merupakan sesuatu yang statis sulit untuk berubah, bagi mereka yang merupakan bangsawan dan kaum penggede semasa hidupnya akan tetap menjadi bangsawan bahkan anak turunnyapun akan tetap menjadi bangsawan. 

Namun dalam perkembanganya ketika sistem kerajaan dihapuskan masyarakat menjadi dinamis dan perubahan-perubahan mendasar terjadi di masyarakat dan terkadang sangat cepat. masyarakat yang dulunya merupakan kaum kecil, golongan wong cilik ada kesempatan untuk menjadi golongan atas dengan berbagai pengaruh dan faktor penyebabnya. 

Hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari pengaruh budaya, budaya merupakan sesuatu yang mendasar dalam masyarakat terkadang ada masyarakat yang sulit atau bahkan tidak mau menerima budaya dari luar karena mereka beranggapan jika mereka menerima budaya dari luar budaya asli mereka terkikis atau bahkan akan hilang. namun jika kita melihat kenyataan di masyarakat memang hal tersebut benar adanya. memang sifat-sifat tertutup dan tidak mau menerima perubahan kadang perlu ada di dalam masyarakat untuk mempertahankan budaya dan apa yang asli dari masyarakat tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan