Mohon tunggu...
Fidha Az Zahra
Fidha Az Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN TEMATIK MDBPE-MBKM

Pendidikan Tari 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Pandemi terhadap Pembelajaran TK

28 Juli 2021   17:12 Diperbarui: 28 Juli 2021   17:19 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 yang menyerang di Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Hal tersebut berdampak besar terhadap pola pendidikan yang berjalan di Indonesia. Untuk mengurangi jumlah penularan, pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait pola pendidikan yaitu dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau Belajar Dari Rumah (BDR). 

Pada pembelajaran saat ini semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, pemerintah masih mewajibkan  pembelajaran secara daring  atau Belajar Dari Rumah (BDR) pada semua jenjang pendidikan, termasuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-Kanak.

Pendidikan yang pada mulanya dilakukan secara tatap muka di lembaga pendidikan, kini dilaksanakan di rumah masing-masing peserta didik dan juga tenaga pendidik. Hal tersebut merupakan salah satu cara dari pemerintah dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.

Dengan adanya kebijakan tersebut, tidak sedikit tenaga pendidik yang mengalami kesulitan dalam melakukan pembelajaran. Jika pada pembelajaran secara tatap muka dapat mencapai seluruh aspek baik kognitif afektif, maupun psikomotorik, kini terdapat hambatan didalamnya. Hal tersebut berpengaruh kepada tumbuh kembang anak usia dini.

Berbagai cara yang  dilakukan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada anak usia dini.  Salah satunya dengan Zoom Meeting. Namun, terdapat kendala jika setiap hari melakukan Zoom Meeting, karena tidak semua anak khususnya anak usia dini memiliki alat elektronik. Mereka masih menggunakan alat elektronik bersama orang tuanya, dan juga ada beberapa orang tua yang bekerja terlebih daluhu sehingga si anak yang tidak memiliki handphone pribadi tidak dapat melalukan pembelajaran tepat pada jam pembelajaran dimulai. 

Jadi cara lain yang saya lakukan adalah pembelajaran yang menggunakan Whatsapp Grup, Semua video materi diberikan disana dan nanti siswanya akan mengulas materi tersebut dengan cara mengirim video kembali ke Whatsapp Grup. Cara-cara tersebut sudah pasti harus disesuaikan dengan kondisi anak dan orangtua itu sendiri di masa pandemi seperti ini. 

Penerapan berbagai strategi  menjadi salah satu cara yang dianggap tepat dalam proses pembelajaran peserta didik, dalam hal ini anak usia dini diharapkan dapat berkembang sesuai dengan aspek-aspek di atas. Kerjasama antara tenaga pendidik dengan orang tua menjadi salah satu jembatan mencapai perkembangan tersebut.

Penulis : Fidha Az Zahra
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Cik Suabuana, M.Pd.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun