Mohon tunggu...
Felicia Cordelia Ruslim
Felicia Cordelia Ruslim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi 9

8 Desember 2022   18:10 Diperbarui: 8 Desember 2022   18:13 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama pengalaman saya untuk mengikuti proses Geladi Hominisasi, terdapat banyak sekali hal yang telah saya lakukan. Setelah mendapatkan e-mail mengenai tugas pra geladi, saya dengan segera mencari dan mendengarkan lagu Indonesia Raya yang memiliki 3 stanza. 

Lalu, saya juga menonton film dokumenter singkat yang berjudul "#NusantaraKaya | Semua, Kita Punya." Setelah selesai menonton, saya mulai mengisi gforms untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tertulis pada tugas tersebut. 

Saya lalu mengumpulkan tugasnya dan menunggu e-mail yang berisi link Zoom beserta dengan tata tertib dan pelaksanaan Geladi Hominisasi. Setelah mendapat informasi tersebut, saya langsung masuk ke Zoom pada hari yang ditentukan. Saya lalu menonton video-video yang ditampilkan dan juga masuk ke breakout room di mana saya berkenalan dengan sesama mahasiswa dari berbagai fakultas dan berbagai angkatan. 

Awalnya canggung tetapi pada breakout room selanjutnya, kami semakin santai dan tidak secanggung awalnya di mana kami tidak berbicara sama sekali kecuali perkenalan diri. 

Dengan mempersiapkan diri untuk presentasi, tidak dapat disangka bahwa kelompok kami juara 2 walaupun kami merasa presentasinya tidak terlalu bagus. Dengan bahagia kami mengakhiri Geladi Hominisasi tersebut dengan peringkat kedua.

Terkait Geladi Hominisasi ini, saya merasa ini merupakan suatu pengalaman untuk keluar dari zona nyaman saya dengan cara bertemu dengan orang baru dan langsung adaptasi dengan melakukan kerjasama untuk mempersiapkan presentasi. Dengan Geladi Hominisasi ini juga kami diberitahu bahwa kemampuan berlogika dan berbahasa sebagai warga negara itu penting. 

Ini dikarenakan hanya dengan berlogika kami tidak akan mudah termakan oleh informasi-informasi palsu dan juga kami dapat menyampaikan sesuatu secara rasional dan terstruktur sehingga orang lain tidak akan kebingungan ataupun merasa perkataan kami ambigu. Sementara, berbahasa sebagai warga negara itu penting karena bahasa merupakan salah satu sarana paling penting untuk menyatukan suatu negara.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti Geladi Hominisasi adalah cara beradaptasi dengan bertemu orang baru dan langsung bekerjasama untuk melakukan sesuatu. Ini dikarenakan bekerjasama dengan seseorang yang baru saja bertemu itu sangatlah sulit. Namun, melalui Geladi Hominisasi ini, saya akhirnya merasakan dan mengalami cara untuk melakukan hal tersebut. Kemampuan yang saya pelajari juga dapat diterapkan dalam perjalanan kuliah karena selama kuliah tentu saja saya akan bertemu banyak orang baru dan juga akan ada banyak tugas kelompok yang perlu dilakukan. 

Dengan berlogika dan juga memiliki skill untuk bekerjasama dengan seseorang yang baru kenal, saya akan dapat melangsungkan kuliah beserta dengan tugas-tugasnya dengan baik. Cara saya untuk meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir dan berbahasa sebagai warganegara dapat dilakukan dengan terus-menerus menulis esai, cerpen, dan lain-lain sehingga otak saya terasah untuk berpikir secara kritis dan juga Bahasa Indonesia saya akan menjadi lebih baik dan benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun