Mohon tunggu...
Fazza Amny
Fazza Amny Mohon Tunggu... Penulis wirausaha

Penulis artikel wirausaha dan peluang bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

"Mindset" Pengusaha Sukses dan Cara Membangunnya

6 November 2017   16:59 Diperbarui: 6 November 2017   17:12 2473 0 0 Mohon Tunggu...

Mindset yang tepat sangat berpengaruh kepada kesuksesan seseorang. Tony Robbins, penulis bestseller internasional, motivator, dan pengusaha sukses dengan nilai penjualan lebih dari US$ 6 miliar pernah menyatakan bahwa kesuksesan ditentukan oleh 20% skills dan 80% psikologis

Pentingnya mindset dalam meraih kesuksesan bukanlah suatu omong kosong jika mengingat bahwa keputusan yang diambil seseorang sebenarnya 90% dipengaruhi oleh emosi dan hanya 10% oleh logika. Sedangkan pengambilan keputusan yang tepat sangatlah penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Sebagai contoh, seseorang yang mempunyai mindset pantang menyerah cenderung bertahan dari keputusannya walaupun ditentang oleh banyak orang atau mengalami hambatan yang besar. Disisi lain seseorang yang mempunyai mindset penakut akan cenderung untuk menyerah begitu merasakan pertentangan atau mengalami sedikit hambatan. 

Untuk bisa seorang pengusaha sukses diperlukan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan cermat. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa mindset pengusaha sukses mempunyai peran yang penting bagi mereka yang ingin menjadi pengusaha. Seorang calon pengusaha tidak bisa menggunakan mindset karyawan, karena mindset karyawan akan mengambil keputusan yang tidak tepat untuk kondisi sebagai pengusaha. 

Pertanyaannya, apa saja mindset pengusaha sukses dan bagaimana cara membangunnya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut 5 Mindset Pengusaha Sukses berikut kiat-kiat membangunnya.

1.Berani Mengambil Risiko

Menjadi pengusaha adalah profesi yang penuh risiko. Tidak ada yang dapat menjamin anda bisa mendapatkan uang secara stabil setiap bulannya, anda bahkan dapat mengalami kerugian dalam bisnis anda karena berbagai macam hal. Berani mengambil risiko adalah mindset pengusaha suksesyang utama. Jika anda tidak berani mengambil risiko maka dapat dikatakan jika entrepreneurshipatau wirausaha bukan pilihan yang tepat bagi anda.

Membangun mindsetberani mengambil risiko membutuhkan keberanian yang cukup serta kemampuan untuk bisa menilai apakah potensi imbalan yang dapat diterima setimpal dengan risiko yang ada. Selain itu, untuk berani mengambil risiko anda juga perlu mempunyai visi jangka panjang yang tepat. Untuk melatih mindset ini anda harus melawan ketakutan anda dalam berwirausaha dan mengambil langkah-langkah identifikasi risiko untuk mengetahui seberapa besar risiko yang dapat anda ambil serta bagaimana cara menanggulanginya.

2. Mencari Solusi Dibalik Masalah

Salah satu perbedaan mindset pengusaha suksesdengan orang lainnya adalah mereka melihat suatu masalah sebagai suatu peluang. Berbeda dengan kebanyakan orang yang melihat masalah sebagai suatu hal yang tidak menyenangkan dan hanya mengeluh, seorang pengusaha sukses cenderung melihat masalah dari sisi yang lain. Dalam mindset seorang pengusaha sukses, mereka akan mencari apa solusi dari masalah yang dihadapi tersebut. 

Elon Musk adalah salah satu pengusaha sukses yang mempunyai mindset ini. Kesal dengan lalu lintas kota Los Angeles yang kacau dan seringkali macet, Elon Musk mempunyai ide untuk mengalahkan kemacetan dengan membuat terowongan bawah tanah yang kemudian akan dikembangkan menjadi Hyperloop network. 

3. Bangkit Dari Kegagalan

Tidak semua bisnis atau produk yang dibuat oleh pengusaha dapat meraih keberhasilan. Banyak dari bisnis atau produk yang dimulai berakhir dengan kegagalan. Tetapi seorang pengusaha yang sukses mempunyai mindset pengusaha suksesyang mendorong mereka untuk segera bangkit dari kegagalan.

Selain itu, dalam mindset entrepreneurkegagalan adalah sarana untuk belajar dan memperbaiki diri. Berbeda dengan orang yang melihat kegagalan tanpa mencari tau apa yang bisa dipetik dari kegagalan tersebut. Thomas Alfa Edison adalah contoh dari pengusaha yang mempunyai mindset pengusaha suksesyang satu ini. Edison mempelajari setiap kegagalannya dalam mencari alat penerangan yang baik. Walaupun gagal lebih dari 10.000 kali, berkat kegigihannya untuk terus mencoba pada akhirnya diapun berhasil menemukan bohlam lampu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN