Mohon tunggu...
Fazika Afghanistan
Fazika Afghanistan Mohon Tunggu... Mahasiswa jaya jaya jaya

Menulis dengan senang hati

Selanjutnya

Tutup

Karir

Tips dan Trik Menjadi Seorang Kurir yang Andal

21 April 2021   21:00 Diperbarui: 21 April 2021   21:04 56 2 0 Mohon Tunggu...

Dimasa pandemi covid-19 sekarang banyak sekali yang melakukan jual beli dengan memanfaatkan media internet seperti berjualan di Facebook, Instrgram atau Maketplace. Dan jasa kurir ekspedisi sangat dibutuhkan dimasa ini sebab pengirimannya sangat dimudahkan jika menggunakan jasa ekspedisi. Meskipun profesi kurir terkesan sederhana dan mudah saja dilakukan, tetapi profesi seorang kurir sangat membutuhkan ketelitian dan banyak tenaga untuk memastikan barang sampai ditujuan dengan aman dan tepat. Berikut adalah tips dan trik menjadi seorang kurir yang handal serta bekerja secara profesional:

1. Memahami wilayah, peta, arah, dan mudah menghafal banyak lokasi.

Tips yang pertama saat berprofesi seorang kurir adalah mampu membaca peta atau alamat customer untuk mencapai lokasi tujuan. Selain harus seorang kurir harus paham akan medan suatu wilayah, serta harus paham dengan arah dan hafal banyak lokasi di suatu wilayah kota untuk mempermudah pekerjaan pengiriman.

2. Displin, dan teliti adalah kunci.

Selanjutnya seorang kurir harus menjalankan pekerjaan dengan optimal, dengan sifat disiplin dan teliti sangat dibutuhkan oleh seorang kurir. Karena akan mempengaruhi produktivitas pengiriman dalam sehari. Semakin disiplin dan teliti semakin banyak dan cepat barang yang terkirim.

3. Memiliki kendaraan pribadi yang waras, mampu menggunakan, dan memiliki kelengkapan surat-suratnya.

Menjadi seorang kurir harus memiliki fasilitas penunjang mobilitas yakni kendaraan. Seorang kurir setidaknya harus memiliki alat transportasi sepeda motor. Kendaraan ini juga harus selalu dalam kondisi waras dan siap digunakan untuk menjunjang pekerjaan agar tidak menghambat proses pengiriman barang.

4. Wajib memiliki Smartphone

Di zaman sekarang setidaknya setiap orang harus memiliki smartphone, tidak lain kurir juga harus memilikinya. Sebab pekerjaan kurir tidak lah selalu berada dikantor dan melakukan aktivitas di luar. Hal ini dikarenakan disetiap perusahaan ekspedisi memiliki SOP dengan menggunakan aplikasi berbasis android atau ios, selain itu juga digunakan untuk mengawasi paket sudahkah terkirim atau belum. Dan juga pengunaan smartphone dalam pekerjaan kurir juga dapat membantu untuk mencari alamat tujuan agar barang dapat segera diantarkan.

5. Sedia alat penunjang kebutuhan saat berada di jalan.

Seperti halnya ojol, kurir juga harus memiliki alat penunjang seperti helm yang harus sni setidaknya aman untuk melindungi kepala saat terjadi benturan yang tidak di inginkan. Menggunakan pakiaan yang enak dipakai, aman dan juga agar terhindar dari panasnya matahari, seorang kurir juga harus memiliki memiliki powerbank sebagai alat penunjang smartphone jika baterai smartphone habis dan tidak ada tempat untuk mengisi daya baterai. Selain itu disaat musim penguhujan kurir harus menggunakan jas hujan untuk melindungi tubuh dan paket agar tetap utuh dan tidak basah terkena air hujan, serta menggunakan wadah waterproff untuk smartphone walaupun ini opsional setidaknya untuk melindungi smartphone dari tetesan hujan dan bisa digunakan dalam keadaan hujan sekalipun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN