Mohon tunggu...
Faza AlyaRahmina
Faza AlyaRahmina Mohon Tunggu... Mahasiswi

Keep Smile :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sehat Selama Pandemi Covid-19

18 Juni 2021   18:54 Diperbarui: 18 Juni 2021   19:50 26 2 0 Mohon Tunggu...

Covid-19 adalah virus yang dapat menular melalui droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau mengembuskan nafas. Maka adanya Penerapan Perilaku Hidup Sehat pada masa pandemi Covid-19. Diharapkan mampu mencegah penularan Covid-19, yaitu menjaga kebugaran tubuh dengan pola makan yang sehat dan bergizi serta berolahraga secara teratur akan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Apabila daya tahan tubuh meningkat, maka tubuh akan kebal terhadap penularan Covid-19. Selain itu pemerintah telah mewajibkan program Sekolah dari rumah dan Bekerja dari rumah. Perubahan kebiasaan ini untuk mengurangi aktivitas fisik. Hal ini akan menjadi permasalahan baru apabila tidak ada kesadaran terhadap pentingnya menjaga pola makan dan olahraga teratur. 

Penyuluhan juga penting untuk jangka panjang terhadap dampak obesitas selama pandemi Covid-19. Selama ini hanya ditekankan pada pola hidup bersih dan sehat melalui cuci tangan, physical distancing, dan makan makanan sehat. Penurunan aktivitas fisik terjadi karena adanya karantina yang akan mengakibatkan terjadinya obesitas dan peningkatan konsumsi junkfood karena daya beli masyarakat berkurang. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka perlunya edukasi mengenai olahraga teratur yang dilakukan di sekolah-sekolah meskipun melalui kelas daring. 

Dengan ini, menjaga kebersihan dan konsumsi makan makanan yang sehat akan seimbang dengan dilakukannya olahraga secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah obesitas, serta terhindar dari penularan Covid-19. Ada beberapa hal juga yang bisa mencegah virus tersebut, seperti berjemur di bawah sinar matahari pagi. Kegiatan ini cukup dengan 5-15 menit sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu. 

Minum untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kurang lebih 2 liter dalam satu hari. Dan Mengonsumsi vitamin atau suplemen sesuai anjuran yang diberikan dokter. Sekarang angka bertambahnya pasien yang terkena virus ini semakin bertambah karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap penularan virus ini dianggap biasa. 

Maka penting untuk seluruh masyarakat mengetahui hal tersebut melalui sumber di sosial media, berita, ataupun tv. Kita perlu mengetahui angka bertambahnya pasien yang bertambah akibat Covid-19 untuk mengetahui apakah sedikit ataupun banyak perubahan yang bisa dilakukan selama karantina ini berlangsung. 

Banyak sekali hal yang bisa kita terapkan untuk menghindari virus tersebut baik dari kita atau keluarga untuk bisa beraktivitas dengan normal, karena penularan Covid-19 sudah mendunia dan penularannya juga sangat cepat tanpa bisa kita sadari. Dengan adanya penanganan sederhana yang bisa kita lakukan maka dapat membantu pemerintah juga tenaga medis dalam mengurangi virus tersebut. Untuk menjadi sehat itu sangatlah mudah jadi tetap patuhi dan lakukan hal yang bisa menghindari diri sendiri terlebih dahulu dari virus tersebut, agar tidak menularkan kepada orang lain.

VIDEO PILIHAN