Mohon tunggu...
Fauzul Yusroh
Fauzul Yusroh Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

KKN TIM 1 UNDIP 2020/2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sering Disepelekan, Mahasiswa KKN Ajarkan Handwash dan Handrub

17 Januari 2021   15:14 Diperbarui: 17 Januari 2021   17:05 341 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sering Disepelekan, Mahasiswa KKN Ajarkan Handwash dan Handrub
Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun kepada ibu-ibu PKK Desa Demaan|Dokpri

Kudus (10/1), KKN Tim 1 UNDIP Periode 2021 yang dilaksanakan dari tanggal 4 Januari-16 Februari 2021 merupakan KKN yang dilaksanakan di desa masing-masing secara mandiri karena masih berada dimasa pandemi Covid-19. Tema KKN kali ini yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Berkelanjutan (SDGs)”.

Covid-19 masih mewabah di Indonesia sehingga sangat penting bagi setiap orang untuk tetap melindungi diri dan melakukan tindakan pencegahan penularan virus corona dengan 3M yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

Mencuci tangan dengan air saja tidaklah cukup untuk mematikan kuman penyebab penyakit termasuk Covid-19. Mencuci tangan yang benar mesti dilakukan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir.

Salah satu program yang dilakukan oleh Fauzul Yusroh mahasiswa KKN jurusan Kesehatan Masyarakat UNDIP yaitu sosialisasi dan edukasi cuci tangan pakai sabun yang benar. Program ini dilakukan karena masih banyak orang yang menyepelekan cara cuci tangan yang benar, padahal virus corona bisa berasal dari tangan yang tidak dicuci sehingga dapat berpindah ke benda lain atau permukaan yang sering disentuh seperti pegangan tangga, gagang pintu, permukaan meja, atau mainan sehingga menimbulkan risiko penyebaran virus kepada orang lain. Tanpa disadari orang-orang juga sering menyentuh mata, hidung, dan mulut sehingga dapat dengan mudah menyebabkan virus masuk ke dalam tubuh.

Foto bersama mahasiswa KKN Undip dengan ibu-ibu PKK Desa Demaan|Dokpri
Foto bersama mahasiswa KKN Undip dengan ibu-ibu PKK Desa Demaan|Dokpri

Program KKN ini dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2021 bersamaan dengan rangkaian kegiatan PKK Desa Demaan yang diikuti oleh 75 ibu – ibu PKK Desa Demaan dari perwakilan 7 RW. Selain cuci tangan dengan air mengalir dan sabun (handwash), juga diajarkan menggosokkan tangan menggunakan cairan antiseptik (handrub).

Dalam pelaksanaan program, audiens pun terlihat sangat antusias saat mengikuti sosialisasi, dibuktikan dengan ibu-ibu PKK Desa Demaan yang mengikuti secara langsung gerakan langkah-langkah cuci tangan yang benar yang dipraktekkan oleh mahasiswa KKN.

“Saya sangat berterimakasih dengan adanya program ini. Semoga ilmu yang didapat mahasiswa dari kampus dapat bermanfaat bagi semua orang terutama di Desa Demaan.” ucap perwakilan penggerak PKK Desa Demaan.

Informasi yang didapat di kegiatan PKK kali ini diharapkan dapat disampaikan ke keluarga di rumah masing-masing melalui ibu-ibu PKK agar selalu mencuci tangan dengan benar guna mencegah penularan Covid-19.

Tak lupa Mahasiswa KKN juga mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama beraktivitas agar selalu aman dari Covid-19.

Penulis : Fauzul Yusroh (Fakultas Kesehatan Masyarakat)

DPL : Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si. IPM.

VIDEO PILIHAN