Mohon tunggu...
Muhammad Fauzi Rais
Muhammad Fauzi Rais Mohon Tunggu... Sarjana Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta

Memikirkan Masa Depan Itu Perlu, Tetapi Jangan Lupa Dengan Hari Ini Yang Perlu Anda Syukuri.

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Sekilas Sejarah Khalifah Utsman bin Affan

12 Juni 2020   14:37 Diperbarui: 12 Juni 2020   14:42 34 1 0 Mohon Tunggu...

Khalifah Utsman nerupaka khalifah ke-3 setelah menggantikan Khalifah Umar yang Wafat pada tahun ke-23 Hijriah. Beliau terpilih menjadi Khalifah setelah terjadi perembukan dari pemuka kaum Muslimin, pada saat itu Ahli Syura menetapkan dua calon pemimpin Umat Islam yaitu Khalifah Utsman dan Khalifah Ali.

Pada tahun pertama dari khalifah Utsman, yaitu pada tahun 24 hijriah. Terjadi penaklukkan negeri Rayyi yang sebelumnya ini pernah ditaklukkan tetapi kemudian dibatalkan. Pada tahun ini pula muncullah wabah penyakit demam berdarah yang menimpa banyak Kaum Muslimin. Sehingga Khalifah Utsman itu sendiri pada tahun ini belum bisa melaksanakan Haji.

Pada tahun itu juga khalifah Utsman mengangkat Sa'ad bin Abi Waqqash menjadi gubernur Kufah yang sebelumnya dijabat oleh Mughirah bin Syu'bah.

Kemudian singkat cerita, pada tahun ke-25 Hijriah, Utsman memecat Sa'ad bin Abi Waqqash dari jabatan gubernurnya di Kufah dan digantikkanya beliau dengan Walid bin Uqbah bin Abi Mu'ith (seorang shahabi dan saudara seibu dengan Utsman). Inilah sebab pertama dituduhnya Utsman melakukan Nepotisme dalam masa kekhalifahannya.

Pada tahun ke-26 hijriah, Utsman melakukan perombakan di kota Makkah salah satunya yang melakukan perluasan di Masjidil Haram dengan membeli sejumlah tempat disekitar masjid dari pada pemiliknya lalu disatukan dengan masjid.

Pada tahun ke-29 Hijriah, banyak dari negeri-negeri yang non muslim berhasil ditaklukkan. Pada tahun ini juga Khalifah Utsman memperluas Masjid Al-Munawwarah dan membangunnya dengan batu-batu berukir. Beliau membuat tiangnya dari batu dan atapnya dari kayu (tatal). Yang panjangnnya 160 depa dan luasnya 150 depa.

Awal fitnah dan pembunuhan Utsman, Khalifah Utsman menjabat sebagai Khalifah selama 12 tahun, tidak ada celah yang menjadikan beliau tidak disenangi oleh kaum Muslimin yang kontra dengan beliau, bahkan beliau lebih dicintai oleh orang-orang Quraisy umumnya ketimbang Khalifah Umar yang lebih bersikap keras kepada mereka.

Akan tetapi masyarakat banyak yang berubah sikap terhadap Khalifah Utsman, karena beranggapan bahwa khalifah Utsman lebih mengutamana kerabatnya dalama pemerintahan. Kebijakan ini dilakukan Utsman atas pertimbanagan silaturrahim yang merupakan salah satu perintah dari Allah. Akan tetapi, kebijakan ini pada akhirnya menjadi sebab terbunuhnya Khalifah Utsman.

Ibnu Asakir meriwayatkan dari az-Zuhri, ia berkata "Aku pernah berkata kepada Sa'id bin Musayyab, 'ceritakanlah kepadaku tentang pembunuhan Utsman? Bagaimana hal ini sampai terjadi?', Ibnu Musayyab berkata, 'Utsman dibunuh secara aniaya. Pembunuhannya adalaha zhalim dan pengkhianatannya adalah memerlukan ampunan"

Sumber : Kitab Sirah Nabawiyah, Analisis Ilmiah Manhajiah Sejarah Pergerakan Islam di Masa Rasulullah Saw

VIDEO PILIHAN