Mohon tunggu...
fauziahrachmawati
fauziahrachmawati Mohon Tunggu... Guru - Guru yang suka menulis dan jalan-jalan

Pendidik yang senang membaca, menulis, jalan-jalan, dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

5 Aplikasi Andalan Selama Bulan Ramadan

24 April 2021   23:24 Diperbarui: 24 April 2021   23:43 859
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ramadan saat pandemi tuh membuat saya dekat dengan ponsel. Mulai bangun tidur buat matiin alarm, sampai mau tidur cek ponsel juga. Ampun deh, ponsel sudah menjadi kebutuhan pokok.

Tulisan kali ini saya akan sharing 5 aplikasi andalan saya selama Bulan Ramadan. Aplikasi yang tersedia di platfrom iOS maupun Android. Bisa diunduh secara gratis. Ehm sebenarnya ada banyak aplikasi, cuman 5 aplikasi ini yang dikit-dikit saya buka. Aplikasi apakah itu?

Berikut 5 aplikasi andalan saya saat Ramadan

  • Al-Qur'an

Karena sering mobile, nih aplikasi berguna banget buat nambah jatah baca Qur'an. Kita bisa baca Qur'an dimanapun. Misal di bis, di kelas, di mushola, atau bahkan di kamar. Karena tuh kemana-mana kan bawa ponsel, pastinya sering dibuka dong. Lha biar berkah, bisa sering-sering buka aplikasi Qur'an.

Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur mulai dari Tafsir lengkap 30 juz, variasi Murottal yang bisa diunduh per-surah, dan Murottal yang bisa dijalankan sesuai dengan ayat yang sedang diputar.

Di era sekarang, kita bisa dan harus memanfaatkan teknologi mobile untuk mendukung ibadah

aplikasi Qur'an/dokpri
aplikasi Qur'an/dokpri
  • Youtube

Nih aplikasi berguna banget buat nemenin hari-hari saya. Bersih-bersih rumah, nyuci baju, nyiapin buka puasa, dan aktivitas lainnya, saya biasanya menyalakan youtube buat dengar kajian atau sekedar dengerin lagu.

Biasanya sih dengerin lewat podcast, namun karena podcast tidak begitu updates, jadi saya beralih ke youtube.

Sejak tahu channel ustadz-ustadz saya jarang dengerin musik. Aktivitas sehari-hari sambil dengerin kajian.

Paling dengerin musiknya kalau lagi ngetik naskah. Soalnya kalau lagi mikir tulisan trus dengerin kajian, kurang bisa konsentrasi hehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun