Mohon tunggu...
Fauzan Dharmawan
Fauzan Dharmawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Elektro Al Azhar Indonesia

Menyukai hal seputar sains dan teknologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mahasiswa Elektro Wajib Tahu! Electropreneur

25 November 2022   16:07 Diperbarui: 25 November 2022   16:28 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : gambar asli (ilustrasi iot)

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membawa perubahan besar bagi kehidupan manusia. Semua kebutuhan manusia mulai dari kebutuhan pokok hingga hiburan dapat diperoleh secara cepat dan mudah. Namun dengan demikian, juga akan mendorong terjadinya revolusi industri di dunia. Hal ini juga akan berdampak pada aktivitas serta kebutuhan manusia ke depannya.

Perkembangan Revolusi Industri

  • Industri 1.0 : era manusia masih berada di zaman  berburu dan mengenal tulisan
  • Industri 2.0 : era manusia mengenal petanian dan bercocok tanam
  • Industri 3.0 : era manusia mulai menggunakan mesin untuk melakukan aktivitas sehari-hari
  • Industri 4.0 : era manusia mengenal komputer dan internet
  • Industri 5.0 : era di mana teknologi adalah bagian dari manusia, dengan kata lain manusia berlaku sebagai kompnen utamanya

Saat ini kita berada pada revolusi industri 5.0, di mana manusia tidak hanya menciptakan mesin namun manusia juga melakukan interaksi dengan mesin dan begitu sebaliknya. Lalu pertanyaannya, apakah ada peluang bagi kita yang menyandang gelar sebagai mahasiswa teknik elektro untuk bersaing di industri 5.0?

Jika membicarakan peluang, kita juga harus memikirkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Sebagai contoh saat ini banyak pekerjaan manusia yang mulai tergantikan oleh mesin-mesin, banyaknya para wisudawan namun sedikitnya lapangan pekerjaan. Persaingan yang ketat untuk memperebutkan pekerjaan inilah yang bisa menjadi hambatan. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi nya adalah dengan berwirausaha.

Apa itu Electropreneur?

Bagi sebagian orang, istilah electropreneur mungkin masih terdengar asing Berbeda dengan technopreneur yang berfokus pada banyaknya bidang pemanfaatan teknologi, electropreneur memfokuskan pada bidang elekro dalam wirausahanya.

Electropreneur => Electrical + Entrepreneur
Seorang wirausaha yang menciptakan dan mengembangkan ide bisnisnya dari inovasi teknologi yang berfokus pada teknik elektro

Sebagai mahasiswa elektro di samping memiliki kemampuan kelistrikan, penting hal nya diimbangi dengan kemampuan entrepreneurship. Di era saat ini entrepreneurship menjadi kemampuan yang penting karena mampu membawa perubahan sosial. Oleh sebab itu, dengan memadukan kemampuan kelistrikan yang dimiliki dengan kewirausahaan, seorang mahasiswa elektro akan mampu menciptakan bisnis berbasis teknologi.

Electropreneur Di Era Digital

Seperti yang kita ketahui saat ini , manusia dituntut agar bisa bekerja secara cepat, akurat dan efisien. Oleh sebab itu diperlukan teknologi yang bisa membantu setiap pekerjaan manusia secara realtime. Internet of things atau disingkat iot menjadi unsur penting di era digital. Iot terdiri dari berbagai komponen :

  • Artificial Intelligence
  • Sensor
  • Konektivitas
  • Perangkat
  • Server/pusat data

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun