Mohon tunggu...
Fauzan Alfaridzi Ananda
Fauzan Alfaridzi Ananda Mohon Tunggu... Mahasiswa - up

🔥

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPI: Upaya Meningkatkan Literasi Siswa di Masa Pandemi

26 September 2021   16:36 Diperbarui: 26 September 2021   17:06 112 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN UPI: Upaya Meningkatkan Literasi Siswa di Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam memahami informasi pada saat melakukan kegiatan baca tulis. Ada berbagai macam literasi, seperti, literasi baca tulis, literasi numerik, literasi sains, literasi digital, dan masih banyak lagi. 

Literasi merupakan kemampuan yang sangat penting maka dari itu kemampuan ini seharusnya diajarkan sejak kecil.  Namun kenyataannya, ada banyak siswa yang baru diajarkan kemampuan ini saat mereka memasuki sekolah dasar.

Di masa pandemi ini, proses belajar mengajar menjadi terhambat sehingga kemampuan literasi pada siswa mengalami penurunan. Maka dari itu, kami sebagai mahasiswa memiliki solusi dengan membuat program pembelajaran untuk meningkatkan literasi melalui pembelajaran jarak jauh (daring) dan pembelajaran tatap muka terbatas (luring). 

Program ini berupa kegiatan pendampingan siswa dan orang tua dalam pembelajaran luring dan daring pada siswa kelas satu dan lima SDN Isola. 

Pembelajaran ini dilakukan dalam satu bulan dengan durasi dua jam untuk pembelajaran luring dan tiga jam untuk pembelajaran daring (pemberian materi dan tugas mandiri). 

Pada proses pembelajaran daring, kami memanfaatkan media zoom meeting dan powerpoint serta pemberian beberapa tugas lalu hasilnya dilaporkan di WhatsApp Group. 

Metode pembelajaran ini dinilai efektif untuk saat ini dikarenakan metode-metode tersebut mudah untuk diterapkan serta semangat belajar siswa yang menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. 

Namun ada beberapa kendala saat pembelajaran ini dilaksanakan, seperti, tidak semua siswa maupun orang tua mengerti cara menggunakan zoom meeting dan keterbatasan komunikasi sehingga beberapa murid sulit untuk dihubungi.

Hasil dari program pembelajaran literasi ini, semua siswa dari kelas satu hingga kelas lima SDN Isola kini dapat membaca, menulis, memahami numerik dan sains. 

Melihat keefektifan program ini, kami berharap program ini akan terus dilakukan demi memaksimalkan proses pembelajaran di masa pandemi ini.

Semoga program KKN ini dapat bermanfaat sekaligus membantu para siswa dan tenaga pengajar di SDN Isola.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan