Digital

Perkembangan Industri Telekomunikasi Dengan Big Data

8 Agustus 2018   15:30 Diperbarui: 29 Agustus 2018   07:01 418 0 1
Perkembangan Industri Telekomunikasi Dengan Big Data
motivitylabs

Apa itu "Industri Telekomunikasi?"

Industri telekomunikasi adalah salah satu industri bisnis yang paling kompetitif dan  berkembang pesat saat ini, selain itu industri telekomunikasi adalah tulang punggung dunia digital modern. Kenapa begitu? 

Karena sifat jaringan telekomunikasi dan evolusi yang saling berhubungan, yang menyebabkan ponsel menjadi lebih pribadi dari pada apapun. Generasi sebelumnya telah mengubah pasar konsumen dan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi dan menggunakan teknologi baru dan jaringan telekomunikasi.

Big Data Analitik Di Bidang Telekomunikasi

Industri telekomunikasi sangat penting dalam dunia digital modern, karena dengan adanya industri telekomunikasi setiap objek di bumi mampu berkomunikasi dan mampu bertukar data satu sama lain. Selain itu, industri telekomunikasi menjadi kontributor penting bagi big data, karena dengan adanya big data dalam industri telekomunikasi, akan mempercepat proses pertukaran data. Tidak hanya itu, data yang dihasilkan juga memiliki volume yang sangat besar dan sangat beragam.

Dengan Big Data Analitik, perusahaan-perusahaan di bidang industri telekomunikasi memanfaatkan data yang dikumpulkan untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Beberapa penyedia layanan telekomunikasi telah memilih beberapa teknik dari big data untuk menambah wawasan para staff yang kurang memahami tentang data-data. 

Selain itu, big data telah meningkatkan pendapatan perusahaan-perusahaan telekomunikasi di indonesia. Tapi apakah anda tau bagaimana perusahaan-perusahaan industri telekomunikasi menggunakan big data untuk meningkatkan pendapatan mereka?

Dengan adanya Big Data Analytics dalam industri telekomunikasi, industri telekomunikasi telah menemukan berbagai peluang, seperti pemantauan kinerja jaringan, deteksi penipuan, deteksi churn pelanggan dan analisis resiko kredit. Hal itu lah yang menyebabkan perusahaann telekomunikasi dapat meningkatkan pendapatan mereka dan selalu berada di depan dalam dunia persaingan telekomunikasi di Indonesia.

Kesimpulan

Penggunaan big data dalam bidang industri telekomunikasi di Indonesia sangatlah penting, dikarenakan big data sangat membantu mengumpulkan informasi dengan cepat, memberikan dan mengelola data-data yang berjumlah besar dan bervolume besar yang terstruktur, maupun tidak terstruktur. Tetapi di lain sisi penggunaan big data di Indonesia masih sangat minim, hal ini dikarenakan kurangya teknologi yang mendukung.

Padahal bidang industri telekomunikasi sangat membutuhkan big data, selain untuk membantu mengumpulkan informasi dengan cepat, bidang perusahaan telekomunikasi di indonesia juga dapat memanfaaatkan big data untuk meningkatkan pendapatan perusahaan tersebut .

Oleh karena itu bidang industri Indonesia sangat  membutuhkan software seperti PAQUES, karena dengan software ini kita bisa mendapatkan data-data bervolume besar dan sangat beragam dengan sangat cepat. 

Salah salah satu faktor penyebab PAQUES sangat berperan penting dalam bidang industri telekomunikasi, selain dapat mengelola data yang tidak terstruktur, dengan menggunakan PAQUES, industri telekomunikasi dapat melakukan pemantauan seperti, pemantauan kinerja jaringan, deteksi penipuan, deteksi churn pelanggan dan analisis resiko kredit. 

Dengan demikian bidang industri telekomunikasi di Indonesia sangat membutuhkan PAQUES untuk menghitung data yang besar dari berbagai sumber, selain itu juga bermanfaat bagi staff yang tidak terlatih dalam ilmu data.