Mohon tunggu...
Faustina Helena
Faustina Helena Mohon Tunggu... Communication Student

Your life is as good as your mindset

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Inilah Pentingnya Menganalisis Kondisi Sosial

23 Februari 2021   21:05 Diperbarui: 23 Februari 2021   21:48 53 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Pentingnya Menganalisis Kondisi Sosial
Sumber: Tribun Kaltim-Tribunnews.com

Manusia tidak dapat lepas dari kehidupan sosialnya, kehidupan tersebut membawa kita kepada pribadi yang saling membutuhkan. Realitas sosial yang terjadi di sekitar kita kerap kali menimbulkan permasalahan. Berbagai macam konflik disebabkan karena kurangnya kolaborasi yang baik antarindividu. Salah satu cara untuk mengetahui kondisi sosial adalah dengan mengamati. Namun, proses tersebut tentu tidak akan sampai kepada pokok permasalahan yang lebih kompleks. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menganalisis kondisi sosial dan melihat seberapa besar manfaat tersebut bagi kehidupan kita.

Sebelum masuk ke dalam topik pembahasan, kita harus memahami lebih lanjut apa yang dimaksud dengan kehidupan sosial. Kehidupan sosial dapat diartikan sebagai proses sosial yang terjadi dalam suatu masyarakat. Proses inilah yang membawa kita kepada bentuk interaksi yang berkelanjutan. Bentuk interaksi sosial tidak hanya dipahami sebagai komunikasi verbal yang terjadi antarindividu. Sebaliknya terdapat unsur-unsur lain, seperti pertukaran simbol-simbol nonverbal.

Tindakan bertukar pesan tidak selamanya bersifat menguntungkan, ada saat dimana perbedaan pendapat terjadi. Berada dalam lingkungan sosial sering kali memaksa kita untuk menghadapi suatu masalah. Masalah sosial hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai pelengkap dari adanya interaksi yang berkelanjutan. Masalah tersebut sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai sosial. 

Banyak sekali permasalahan yang terjadi disekitar kita, seperti pengangguran, kemiskinan, hingga kekerasan. Seorang individu harus mampu mengatasi permasalahan sosial mulai dari kelompok kecil. Namun, mereka juga harus memahami bagaimana bila permasalahan tersebut terjadi dalam lingkup sosial yang besar. Inilah mengapa analisis sosial sangat penting untuk dipelajari.

Analisis Sosial

Seperti yang diketahui, analisis sosial tidak jauh dari konsep penyelidikan. Raditya (2020) menjelaskan analisis sosial merupakan suatu bagian yang berkaitan dengan proses interaksi masyarakat dalam mengatasi permasalahan sosial. Analisis sosial memiliki peranan penting dimana realita yang diamati menjadi lebih spesifik terhadap situasi sosial, hubungan struktural, kebudayaan, hingga sejarah. Kemampuan menganalisis biasa digunakan di bidang akademik sebagai sarana pemecahan suatu masalah. 

Salah satu kemampuan penting dalam proses analisis adalah mampu mengkaji perubahan sosial yang terjadi dalam kelompok masyarakat. Analisis yang dilakukan tidak hanya berupa permasalahan dalam bidang sosial, namun dapat dikembangkan kepada permasalahan ekonomi dan budaya setempat.

Manfaat Menganalisis Kondisi Sosial
Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari kemampuan menganalisis kondisi sosial, yaitu:

  1. Meningkatkan Kepedulian
    Kemampuan seseorang dalam menganalisis dapat meningkatkan kepedulian terhadap suatu fenomena. Apabila dikaitkan dengan kehidupan sosial, kemampuan ini dapat membantu kita menjadi lebih aktif dan peduli akan pemasalahan yang sedang terjadi di lingkungan masyarakat. Peningkatan kepedulian tersebut dapat membawa kita kepada proses pemahaman terhadap gejala-gejala sosial yang sedang terjadi. Dengan demikian, kita dapat turut serta ambil bagian dalam proses pemecahan suatu masalah.

  2. Memahami Kebutuhan Sosial
    Manusia hidup untuk mencukupi segala kebutuhan yang tentu akan berbeda satu dengan lainnya. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan manusia menjadi semakin kompleks. Banyaknya kebutuhan yang tidak dapat terpenuhi justru menimbulkan adanya suatu permasalahan sosial. Dengan kemampuan menganalisis, maka kita diharapkan mampu mengambil tindakan penyelesaian masalah dan memahami berbagai macam kebutuhan yang sedang dibutuhkan di lingkungan masyarakat.

  3. Melatih Berpikir Kritis 
    Kemampuan menganalisis kondisi sosial menyebabkan kita harus memahami dengan baik suatu permasalahan dan upaya penanganannya. Kondisi ini akan selalu berbeda antara kelompok satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, kita dituntut untuk terus memperbanyak pengetahuan terkait situasi sosial dengan melakukan survei dan pengumpulan data terhadap suatu kelompok yang akan dituju. Seluruh tahapan dan proses menganalisis dari kondisi yang beragam ini, secara tidak langsung akan menumbuhkan pola berpikir kritis dalam diri kita.

Daftar Pustaka

Raditya, D. 2020. Analisis Sosial: Sebuah Pengantar Singkat. Diakses dari https://chub.fisipol.ugm.ac.id/2020/07/07/analisis-sosial-sebuah-pengantar-singkat/

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x