Mohon tunggu...
Kholifatus Sahara
Kholifatus Sahara Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Maliki Malang '19 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi dalam Mengembangkan APE

8 November 2021   14:27 Diperbarui: 8 November 2021   14:54 172 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Proses pembelajaran memerlukan media yang tepat dalam menunjang keberhasilan dalam pembelajaran. Keberhasilan dalam pembelajaran merupakan keberhasilan dalam perkembangan juga karena pembelajaran memiliki tujuan dalam mengembangkan aspek perkembangan anak. APE bukanlah sesuatu yang asing lagi dan tentunya banyak memberikan dampak positif dalam menunjang keberhasilan perkembangan anak. 

Sehingga APE  mudah ditemukan, bahkan APE juga bisa dikreasikan sendiri dengan kriteria bahan  yang aman dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak.  Sebelum membahas lebih jauh mengenai evaluasi dalam pengembangan APE, adapun fungsi APE yakni sebagai berikut :

Mengembangkan aspek perkembangan melalui rangsangan dari pembelajaran APE, rangsangan yang diberikan melalui gerakan atau pola permainan, interaksi yang terbentuk, kemudian bagaimana mengelola emosi dan egosentrisme dalam bermain bersama. 

Hal hal tersebut secara tidak langsung dapat mengembangkan aspek perkembangan anak jika itu didapatkan setiap harinya, sehingga perkembangan akan terjadi secara bertahap dari yg mulai sederhana, kompleks sampai tingkat yang abstrak. Selain terfokus pada pengembangan aspek anak, APE juga bisa mengubah suasana kelas yang awalnya mungkin membosankan menjadi suasana baru yang menyenangkan dan seru. 

Hal tersebut dapat memudahkan anak dalam memproses pembelajaran yang mereka dapatkan, melalui hal - hal yang memorable. Anak dikenal sebagai imitator atau peniru dari segala perilaku dan perkataan yang kita implementasikan setiap harinya, sehingga proses pembelajaran yang baik akan mudah dipahami oleh anak. Interaksi yang terbentuk juga akan mengembangkan kemampuan komunikasi anak yang  baik antar teman, guru, dan orang - orang yang berada pada lingkup mereka..

Setelah memahami fungsi dari APE

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan