Mohon tunggu...
Kholifatus Sahara
Kholifatus Sahara Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Maliki Malang '19 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

APE dalam Perkembangan Bahasa

25 Oktober 2021   19:22 Diperbarui: 25 Oktober 2021   23:20 84 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Bahasa merupakan aspek atau alat komunikasi yang digunakan manusia dalam menyampaikan segala yang ada di dalam pikiran dan perasaan mereka. tak hanya itu bahasa juga menjadi kebutuhan kita dalam menyampaikan apa yang kita rasakan dan hal apa yang kita butuhkan.  peran bahasa sebagai alat komunikasi memiliki tata aturan, dimana bahasa tidak boleh digunakan sembarangan tanpa kaidah aturan dalam berbahasa karena akan memiliki makna yang berbeda. 

Penggunaan bahasa juga harus diperhatikan sasarannya. sehingga penyampaian informasi lebih tepat dan efektif. kemampuan dalam berbahasa tentunya harus diberikan stimulus atau latihan setiap harinya, karena pada saat kita lahir kita hanya mengenal bahasa ibu dan pembendaharaan kata yang kita peroleh dari setiap tahapan usia perkembangan dan pengalaman kita yang menjadikan kita mampu mengolah bahasa dengan baik.  

Setiap perkembangan akan berhasil mencapai titik puncaknya jika 6 aspek perkembangan tersebut mampu berjalan dan bertahap sesuai. kematangan fisik dan  kognisi juga mempengaruhi tingkat kematangan mereka dalam mengelola bahasa.  sehingga diperlukan usaha atau rangsangan yang optimal dalam meningkatkan kemampuan berbahasa.  

Tak bisa dipungkiri di Indonesia sendiri juga masih banyak ditemukan permasalahan perkembangan anak terutama dalam berbahasa. fungsi bahasa bagi anak adalah penerjemah dari  fenomena dan sebagai simbol dari hal yang mereka temui dalam mengeksplor dunia bermainnya. rasa ingin tahu yang tinggi juga mendorong anak untuk menggunakan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan informasi dan kerangka berpikir mereka. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan