Mohon tunggu...
Fatmawati Ramadani
Fatmawati Ramadani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Membuang Sampah Sembarangan

18 Juni 2021   19:21 Diperbarui: 18 Juni 2021   19:34 20 0 0 Mohon Tunggu...

MEMBUANG SAMPAH SEMBARANG

Di Era globalisasi ini, tak heran lagi jika kita sering menemui orang-orang yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya. Semakin berkembangnya zaman semakin sibuk pula orang-orang dengan urusannya masing-masing. Tanpa sadar mereka lalai terhadap keadaan sekitarnya.
membuang sampah sembarangan dapat memicu penumpukan sampah pada tempat-tempat tertentu yang dapat mengakibatkan pencemaran tanah menyumbat saluran air banjir dan tidak jarang pula membuang sampah sembarangan dapat merusak ekosistem di dalam air. tidak menutup kemungkinan sebagian besar pencemaran udara disebabkan oleh penumpukan sampah. Bagaimana tidak, semakin banyak sampah semakin besar pula kemungkinan orang membakar dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat menimbulkan polusi udara.
kondisi seperti ini dapat pula dipicu dari pola hidup masyarakat yang serba instan, serta kurangnya kesadaran terhadap pola hidup yang sehat.
Masalah sampah adalah salah satu fenomena sosial yang memerlukan kesadaran tiap individu. kurangnya perhatian dari semua pihak dapat kita lihat dari dampak yang ditimbulkan akibat membuang sampah sembarangan: seperti terjadinya penularan di berbagai penyakit seperti penyakit kulit ataupun gangguan pernafasan sementara dampak yang ditimbulkan secara tidak langsung seperti banjir akibat penumpukan sampah pada tiap-tiap sungai.
Oleh karena itu diperlukan kesadaran diri tiap individu untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penulis: Fatmawati Ramadani
MAHASISWA IAIN PALOPO
Priodi pendidikan agama Islam  (PAI)

VIDEO PILIHAN