Mohon tunggu...
fatmasari titien
fatmasari titien Mohon Tunggu... abadikan jejak kebaikan, jadikan hidup penuh manfaat

ibu profesional, pembelajar dan pegiat sosial. founder Sahabat Ibu Jateng

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Kitab Penuh Berkah

17 April 2021   15:18 Diperbarui: 17 April 2021   15:22 183 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kitab Penuh Berkah
Ilustrasi latar: wdrfree.com

Apakah yang dimaksud kitab penuh berkah itu?  Dan apa alasannya?

Kitab penuh berkah itu adalah sebuah kitab/ buku yang banyak mendatangkan keutamaan dan bermanfaat bagi siapapun.  Kitab penuh berkah itu adalah Alqur'an.  Keberkahan seperti apakah yang didapatkan dari Alqur'an?

Di dalamnya terdapat petunjuk dari Allah, pencipta seluruh alam semesta dan seisinya.  Sebagai Sang Maha Pencipta, tentu Allah-lah yang paling mengetahui tentang segala sesuatu yang Dia ciptakan.  Dia Maha Mengetahui apa yang seharusnya dilakukan oleh makhluk ciptaan-Nya  dan apa yang tak boleh dilakukan,  demi kebaikan dan keberlangsungan hidupnya.   Dan Allah menuangkan semua petunjuk itu dalam sebuah kitab yang Dia sebut Alqur'an.

"Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa." (Qs Albaqarah :2)

Kitab ini diturunkan pada bulan ramadhan,  bulan yang penuh berkah, bulan dilipatgandakannya pahala untuk semua amalan kebajikan.

"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-petunjuk tentang petunjuk itu, dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)." (Albaqarah: 185)

Ramadhan adalah syahrul Qur`an. Di antara amal ibadah yang sangat ditekankan untuk diperbanyak pada bulan ini adalah membaca (tilawah) Alqur`an.

Alqur'an adalah satu-satunya kitab yang dapat menjadi syafaat (melindungi dari azab Allah) bagi para pembacanya. 

Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu 'anhu: Saya mendengar Rasulullah shalallahu' alaihi wasallam bersabda:

"Bacalah oleh kalian Alqur`an. Karena ia (Alquran) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa'at untuk orang-orang yang rajin membacanya. " (HR. Muslim)

Membaca Alqur'an adalah kegiatan yang mendatangkan banyak sekali pahala. Pahala ini akan meningkat seiring interaksi kita dengan Alqur'an, mulai dari membaca makna dan tafsirnya, mulai, hingga menghafalkannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN