Mohon tunggu...
Fatkhur Rozi
Fatkhur Rozi Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Pendidikan Jasmani dan Olahraga di IAIN Salatiga dan Majelis Sabuk Hitam (MSH) INKAI DAN II, Anggota Pengurus Pusat Studi Gender dan Anak IAIN Salatiga

just play, have fun, enjoy the game, and get the goal Kebenaran jika hanya didiamkan tidak disuarakan dan diamalkan akan menjadi sebuah keniscayaan belaka. Belajar tidak hanya memahami, belajar perlu diamalkan. kita menjadi bisa karna terbiasa, terbiasa butuh pembiasaan, pembiasaan butuh latihan. Saat ini saya sedang latihan menulis....". Belajar, berkarya, bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Meski Diragukan, Tetap Saja Lolos Semifinal

19 Desember 2021   22:29 Diperbarui: 19 Desember 2021   22:43 179 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sungguh luar biasa perjuangan Timnas Indonesia dalam lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF 2020 malam ini. Menghadapi Malaysia dalam partai penentu kelolosan menuju semifinal, Indonesia sempat tertinggal 1-0 oleh gol K. Raj pada menit ke tiga belas memanfaatkan kesalahan pemain belakang Indonesia. Namun, anak asuh Shin Tae-Yong berjuang dengan penuh determinasi tinggi dan strategi permainan yang sangat baik. Rotasi dan transisi antara menyerang dan bertahan berjalan dengan baik. Pemain Malaysia yang terus ditekan, akhirnya kecolongan oleh gol Irfan Jaya pada menit ke tiga puluh enam. Tidak hanya itu, tujuh menit setelahnya, Irfan Jaya kembali merobek jala gawang Malaysia memanfaatkan penetrasi apik dari Pratama Arhan. Hingga akhirnya menutup paruh babak pertama dengan skor 1-2 untuk Indonesia.

Laga Lainnya

Sementara itu pada pertandingan lainnya, Vietnam berhasil unggul 2-0 atas Kamboja melalui pemainnya T.L Nguyen pada menit ketiga dan ke dua puluh tujuh. Pertandingan ini sangat berpengaruh terhadap Timnas Indonesia karena sebagai penentu pemuncak klasemen Grup B. Hasil paruh pertama ini masih menempatkan Indonesia pada pemuncak klasemen grup.

Shin Tae-Yong memang pelatih yang sangat baik dalam menerapkan pola bermain bagi Timnas Indonesia. Tidak hanya jitu secara perhitungan matematis, dia mampu memberikan berbagai skenario strategi. Hal ini yang menyebabkan lawan sulit menebak bagaimana strategi yang diterapkan Indonesia. Bahkan pada awal babak kedua dimulai, dia langsung mengganti beberapa pemain. Salah satu pemain adalah Elkan Baggott. 

Indonesia Juara Grup B

Keunggulan 2-1 oleh Indonesia direspon pelatih Malaysia dengan tampil lebih menyerang. Tim Malaysia memasukkan beberapa pemain menyerangnya, salah satunya adalah De Paula, penyerang andalan mereka. Namun, sayangnya tidak berpengaruh signifikan terhadap jalannya pertandingan. Pemain-pemain Malaysia seakan kebingungan karena setiap merancang serangan, akan langsung ditempel ketat oleh dua sampai dengan tiga orang pemain Indonesia. Indonesia sendiri berhasil menambah keunggulan atas Malaysia melalui skema tendangan pojok, masing-masing melalui tendangan akurat Pratama Arhan pada menit ke lima pukuh dan sundulan Elkan Baggott pada menit delapan puluh dua. Pratama Arhan tercatat pemain yang sangat penting pada laga ini. Selain sangat baik dalam mengawal sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia, dia juga sangat efektif membantu serangan dan ikut andil dalam terciptanya dua gol Timnas Indonesia. Selain itu, gol Elkan Baggott sangat bermakna karena pertama bagi dirinya membukukan skor untuk Timnas Indonesia. Skor akhir 1-4 sebagai penutup laga, sekaligu smenjadikan Indonesia sebagai juara grup meski memiliki jumlah produktivitas gol dan poin yang sama dengan Vietnam. Akan tetapi, Indonesia lebih unggul dalam agresivitas gol.

Sumber: Google
Sumber: Google

Permainan Indonesia dalam gelaran Piala AFF 2020 ini memang sangat baik meski secara keseluruhan dihuni oleh pemain-pemain muda. Indonesia yang biasanya kewalahan menghadapi lambung, sekarang ini telah tertutupi penampilan yang sangat baik dari Rahmat Irianto, Elkan Baggott, Dewangga, dan Fachrudin. Di sisi lain, pola serangan Indonesia yang mengandalkan umpan pendek dan percepatan pergerakan terbukti sangat efektif dan menghasilkan total 13 gol dari empat kali pertandingan. Rotasi dan transisi berjalan sangat baik ketika menyerang maupun bertahan. Efektivitas permainan Timnas Indonesia sangat baik dalam setiap laga. Hal lain yang sangat menarik adalah kondisi fisik pemain Indonesia yang sangat baik sepanjang pertandingan, terlihat sangat penuh determinasi seakan tidak mempunyai rasa lelah. Hal ini berbeda dengan tampilan Timnas Indonesia sebelum-sebelumnya yang terlihat kehabisan bensin ketika memasuki menit ke tujuh puluhan dan seringkali mengalami kram. 

Berhadapan Dengan Singapura

Singapura telah menanti Timnas Indonesia pada partai semifinal yang nantinya digelar pada hari Rabu, 22 Desember 2021. Singapura menjadi runner-up grup setelah pada partai terakhir dikalahkan oleh Thailand dengan skor 2-0. Sangat menarik tentunya melihat aksi pemain-pemain Timnas Indonesia pada laga tersebut. Tentunya rasa optimis pemain Indonesia harus diimbangi dengan fokus terhadap tiap laga yang akan dijalani. Jangan alih-alih terbuai akan pujian masyarakat yang berakibat fatal terhadap fokus dan mental dalam bertanding nantinya. Kemenangan dan juara grup harus disikapi dengan tetap rendah hati. Selain itu, pemain Timnas Indonesia harus tetap menjaga kebugarannya karena jadwal yang mepet dan beruntun membutuhkan stamina yang bagus. Bagi fans Indonesia, terus kawal perjuangan Timnas Indonesia dengan dukungan-dukungan yang membangun dan tidak berlebih serta tetap menghormati lawan. Harapannya, Indonesia mampu menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya pada edisi 2020 kali ini. (FR)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan