Mohon tunggu...
Fatimah Zakiyah
Fatimah Zakiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa

KKN TIM II UNDIP 2020

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Lawan COVID-19, Mahasiswa KKN Undip Edukasi Masyarakat Mengenai Pencegahan COVID-19 & Kesehatan Mental

14 Agustus 2020   17:57 Diperbarui: 14 Agustus 2020   22:04 48 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lawan COVID-19, Mahasiswa KKN Undip Edukasi Masyarakat Mengenai Pencegahan COVID-19 & Kesehatan Mental
program-edukasi-pencegahan-covid-19-5f36a1a5297d6814ac766662.jpg

Pekanbaru (14/08/20) Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro sedang melaksanakan KKN Pulang Kampung yang dilakukan secara individu di daerah tempat tinggal masing-masing. KKN dilaksanakan sejak tanggal 5 Juli-15 Agustus 2020 dengan mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangungan Berkelanjutan (SDG’s)”.

Pandemi COVID-19 masih berlangsung di Indonesia hingga saat ini. Masih kurangnya perhatian masyarakat tentang hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang semakin luas diperlukannya edukasi dan kesadaran masyarakat dalam melakukan upaya pencegahan penularan COVID-19.

Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro, Fatimah Aida Zakiyah Firdaus yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc. melakukan sosialisasi program “Edukasi Pencegahan COVID-19” dengan tujuan mengajak masyarakat Kelurahan Lembah Damai untuk ikut serta dalam upaya mengurangi penyebaran COVID-19.

Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketika melakukan aktivitas seperti memakai masker saat keluar rumah, menjaga kebersihan diri sendiri terutama tangan, dan menerapkan physical distancing ketika berada di tempat umum. Selain itu, program yang dilaksanakan secara door to door ini mengajak masyarakat di lingkungan Kelurahan Lembah Damai untuk dapat meningkatkan imunitas fisik dan meningkatkan kesehatan mental ditengah pandemi COVID-19.

Melalui program “Psikoedukasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja” mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro juga ikut serta mengajak remaja di lingkungan Kelurahan Lembah Damai untuk dapat menjaga kesehatan mental. Sosialiasi program dilaksanakan secara offline yang bertempat di Aula Kantor Kelurahan Lembah Damai dan online melalui google meet. Materi psikoedukasi dikemas dalam bentuk booklet yang dibagikan kepada masing-masing peserta.

program-psikoedukasi-pentingnya-menjaga-kesehatan-mental-bagi-remaja-5f36a497d541df54df423432.jpg
program-psikoedukasi-pentingnya-menjaga-kesehatan-mental-bagi-remaja-5f36a497d541df54df423432.jpg
Program psikoedukasi mengajak remaja di lingkungan Kelurahan Lembah Damai untuk dapat memahami diri sebagai remaja yang sedang mengalami masa yang penting dalam tahap perkembangan dan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Selain itu, program psikoedukasi juga membahas bagaimana remaja dapat memahami emosi dan bagaimana cara mengelola emosi sehingga remaja dapat mengekspresikan perasaannya secara efektif. Program psikoedukasi juga membahas mengenai stres dan strategi penyesuaian terhadap stres yang dialami. Dengan begitu, remaja diharapkan dapat memahami dirinya dan menyesuaikan diri ketika dihadapkan oleh suatu permasalahan dan tantangan di tahap perkembangannya.

Penulis: Fatimah Aida Zakiyah Firdaus

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x