Mohon tunggu...
Firda Fatimah
Firda Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswi Pendidikan

Bismillaah, sedang belajar menulis 😇 // IG : @fatim_firda

Selanjutnya

Tutup

Love Artikel Utama

Skripsi Ambyar karena Gagal Move On, Lakukan 5 Konsep "Grows" Ini!

4 April 2021   17:38 Diperbarui: 4 April 2021   20:32 758 59 26 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Skripsi Ambyar karena Gagal Move On, Lakukan 5 Konsep "Grows" Ini!
Ilustrasi sulit fokus skripsi karena gagal move on (Sumber: istockphoto.com)

Drama para mahasiswa pejuang skripsi memang ada saja. Mulai dari menetapkan judul yang tak kunjung ketok palu, konsultasi skripsi dengan dosen pembimbing yang tak jarang ilang-ilangan, ke sana-ke mari cari referensi yang tak kunjung cukup, narasumber yang susah, eksekusi data yang ruwet, hingga pada drama perasaan atau hati yang sulit diajak kompromi.

Di saat seluruh bagian pada diri--fisik, pikiran, hati--harus memberikan banyak fokus pada proses mengerjakan dan menyelesaikan tugas akhir perkuliahan jenjang sarjana, seolah ada saja distraksi baik dari dalam dan luar diri yang terus saja menghambat perjalanan menuju tamat.

Ujian mahasiswa akhir memang cukup kompleks. Selain harus menyelesaikan tugas akhirnya, masa-masa akhir di dunia perkuliahan memang banyak dihiasi dengan hal-hal yang membuat overthinking, seperti banyaknya undangan nikah dari teman-teman, pertanyaan kapan nikah dan kapan sidang, rencana lanjut studi yang belum pasti, rencana setelah lulus mau ngapain, hingga pada kisah percintaan diri sendiri yang dirasa menyedihkan.

Tak jarang pula, gagal move on menjadi salah satu hambatan terberat yang dilalui sebagian mahasiswa pejuang skripsi. 

Jika kamu merasa proses pengerjaan skripsi kamu jadi ambyar karena gagal move on dari sang mantan atau dari si dia yang bahkan belum sempat kamu miliki, sepertinya kamu harus pikir-pikir lagi deh

Apa kamu yakin hanya gara-gara itu kemudian kamu mengorbankan impian kamu dan mengecewakan orang-orang yang menyayangimu?

Move on adalah bentuk terapi diri kala cinta ternyata tak sampai pada muaranya. Memang cukup bisa dimaklumi bahwa move on tak semudah mengedipkan mata. 

Perjuangan hati untuk bisa merelakan orang yang terlanjur disayang adalah satu hal yang menguras banyak energi--capek hati, capek pikiran, dan capek badan. I see and i feel you~~

Namun, sesuatu yang tak mudah bukan berarti sangat sulit atau bahkan mustahil. Selama kamu mau dan punya tekad kuat, hal yang seolah mustahil suatu saat akan benar-benar menjadi nyata. Mengikhlaskan si dia, misalnya.

Memang memberikan saran tak semudah melakukannya. Namun, jika kamu ingin skripsi kamu tidak lagi ambyar dan gagal move on tidak terjadi lagi dan lagi, mungkin kamu perlu mencoba konsep GROWS sebagai tips move on anti galau.

Sumber: liputan6.com
Sumber: liputan6.com
Apa itu konsep GROWS?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN